Advertisement

Komunitas Ini Sumbang Puluhan Juta ke Ponpes Tahfidz Tunarungu Sleman

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 23 April 2022 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Komunitas Ini Sumbang Puluhan Juta ke Ponpes Tahfidz Tunarungu Sleman Pengasuh Ponpes Tahfidz Darul A'shom Abu Kahfi saat menerima bantuan biaya operasional pendidikan dari Ketua MBCY Adi Setiabudi, Jumat (22/4/2022) petang. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Ponpes Tahfidz Tunarungu Darul A'shom di Kayen C11 Condong Catur, Depok, Sleman mendapatkan bantuan operasional pendidikan dari Komunitas Motor Besar Club (MBC) Indonesia Chapter Yogyakarta (MBCY).

Pemberian bantuan dana tersebut disampaikan di sela-sela kegiatan buka bersama antara para members dengan santri-santri Rumah Tahfidz Tunarungu, Jumat (22/4/2022) petang. "Ini bentuk bakti sosial yang kami gelar. Meskipun kondisi ekonomi masih kembang kempis, namun kami masih bisa menyisihkan sebagian untuk bantuan kepada rumah tahfidz santri tuna rungu ini," kata Ketua MBCY Adi Setiabudi.

Jumlah donasi yang diberikan kepada rumah tahfidz tersebut sebesar Rp28,9 juta untuk membiayai kegiatan pesantren tersebut. Apalagi, kata Adi, selama ini biaya operasional dan pendidikan bagi santri-santri ponpes Darul A'shom. "Mereka merekrut penderita tuna rungu untuk menjadi hafidz Alquran, kebanyakan gratis," katanya.

Pengasuh Ponpes Tahfidz Darul A’shom Abu Kahfi mengatakan saat ini jumlah santri di ponpes tersebut sebanyak 108 santri, 40 santriwati dan 68 santri. Selama ini, santri belajar menghafal Alquran di bangunan yang masih ngontrak. "Insyaallah bantuan dari MBCY akan kami gunakan untuk operasional para santri," kata Abu.

Baca juga: Ramadan dan Momentum Kebangkitan UMKM di Sleman

Selama ini, lanjut Abu, pihaknya tidak menetapkan iuran tetap selama santri belajar di sana. Sifatnya hanya membayar infak seikhlasnya. "Dari 108 santri yang bayar hanya sekitar 30 santri. Tidak masalah. Kami selama ini belum pernah menyebar proposal [bantuan] tetapi Alhamdulillah Allah yang mengirimkan orang-orang baik ke kami," katanya. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Kunjungan Turis Asing hingga Event Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke DIY

Sleman
| Minggu, 14 Agustus 2022, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Pemandangan Tujuh Gunung dari Ngablak Magelang

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement