Advertisement

Wisuda Sarjana dan Ahli Madya ke-60 dan Informasi Akademik UNTIDAR 2022

Media Digital
Kamis, 31 Maret 2022 - 16:07 WIB
Bhekti Suryani
Wisuda Sarjana dan Ahli Madya ke-60 dan Informasi Akademik UNTIDAR 2022 Wisuda ke-60 UNTIDAR - Ist

Advertisement

UNTIDAR-Magelang : Universitas Tidar menyelenggarakan Wisuda Sarjana dan Ahli Madya ke-60 pada Kamis, 31 Maret 2022 di Gedung dr. H. Suparsono. Pelaksanaan wisuda ditengah masa pandemi ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan dengan pengawasan dari Satgas Covid-19 Kota Magelang.

UNTIDAR meluluskan 285 wisudawan/wisudawati dari 5 Fakultas, yang terdiri dari 18 prodi yang terbagi menjadi 16 prodi Sarjana dan 2 prodi Diploma. Mahasiswa yang lulus dengan predikat Pujian/Cumlaude sejumlah 15 wisudawan.

Setelah lulus ini kami berharap anda telah menjadi lebih kaya atau lebih baik dalam hal sudut pandang, profesionalisme, kepribadian dan akhlak. Gunakan kekayaan dan kebaikan yang telah anda miliki tersebut untuk lebih banyak lagi melakukan yang lebih banyak dan lebih baik dalam menyongsong masa depan anda,” tutur Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc., Rektor UNTIDAR dalam sambutannya.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Rektor mengingatkan kepada seluruh wisudawan bahwa saat ini tatanan kehidupan masyarakat sudah berubah dengan cepat. Saat ini lapangan pekerjaan telah berubah, banyak sekali jenis-jenis pekerjaan yang dulunya didambakan banyak orang, sekarang telah hilang digantikan oleh mesin dan komputer.

Banyak bermunculan lapangan pekerjaan yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan orang seperti podcaster, youtuber, tiktoker, content creator, animator bahkan buzzer dan influencer,” tambahnya.

Wisudawan memiliki kebebasan untuk memilih dan melakukan pekerjaan yang disukai dan mewakili diri sendiri. Jangan takut gagal dan cobalah percaya pada diri sendiri dengan kerja keras dan dedikasi.

Wisudawan Terbaik

Rosalia Aisyiah Rahmawati meraih IPK 3,93 menjadi wisudawan terbaik pada Wisuda ke-60 ini. Mahasiswi prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNTIDAR ini dapat menyelesaikan studinya dalam 3 tahun 6 bulan 1 hari.

Kegagalan hanyalah rintangan kecil dalam perjuangan. Ketekunan, doa, dan kerja keras adalah kunci dalam keberhasilan,” tutur Rosalia pada saat memberikan sambutan wisudawan terbaik.

Advertisement

Rosalia lahir di Magelang, 15 Oktober 2000 merupakan mahasiswa Penerima Bidikmisi yaitu bantuan pendidikan bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Saat ini Bidikmisi lebih dikenal dengan istilah Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah).

Dulu setelah lulus SMK tidak ada niatan untuk kuliah. Inginnya langsung bekerja saja, karena tujuannya daftar SMK juga agar bisa langsung kerja karena setelah Ibu saya meninggal saya tidak tega jika harus meminta uang kepada bapak untuk kuliah. Bapak bekerja di Fotokopi dekat UNTIDAR dan saya masih mempunyai 1 adik,” tuturnya.

Setelah lulus dari SMK N 2 Magelang, Rosalia sempet bekerja selama satu setengah bulan di sebuah Departemen Store di Magelang. Mendapat informasi dari temannya, bahwa ada Bidikmisi yang bisa membantu dana perkuliahannya, Rosalia akhirnya ikut mendaftar ke UNTIDAR lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Advertisement

Putri kedua dari Bapak Wahyudi Mardiono dan alm. Ibu Musodiqoh ini selain mengisi kegiatannya dengan kuliah dan organisasi kampus juga menyempatkan diri untuk mengajar ngaji di TPQ dekat rumahnya.

Dahulu sempat ikut mengajar ngaji di Rofiqul a'la Secang sekarang sudah ada pondok pesantrennya. Sekarang saya masih mengajar mengajar ngaji di Taman Baca Quran mulai setelah magrib,” imbuhnya.

Pelaksanaan Wisuda Sesuai Prokes

Pelaksanaan Wisuda ke-60 ini dilaksanakan dengan jumlah terbatas dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Hanya wisudawan yang diperbolehkan masuk dalam area pewisudaan. Keluarga dan pendamping dipersilahkan menyaksikan prosesi secara online melalui Live Streaming Youtube Universitas Tidar.

Advertisement

Wisudawan yang belum melakukan vaksin dosis ke-2 diwajibkan melakukan swab antigen dengan hasil negatif 1 x 24 jam sebelum acara sebagai syarat diperbolehkan mengikuti prosesi wisuda.

Bagi wisudawan yang mempunyai penyakit komorbid dan tidak bisa melakukan vaksin diwajibkan membawa surat keterangan dari dokter dan melapor pada petugas kesehatan yang bertugas pada saat wisuda.

Pada kesempatan ini, turut hadir Alumni Universitas Tidar Arlina Candra Dewi, M.Pd. untuk membagikan pengalamannya dan memotivasi para wisudawan.

Advertisement

Saya bukan mahasiswa dengan lulusan Cumlaude, bukan pula dari keluarga berada namun saya bisa membutikan bahwa saya ‘bisa’ berprestasi dengan mengalahkan rasa takut saya,” ujar Guru SMP Negeri 4 Kota Magelang.

Menurutnya jika bisa menjadikan rasa takut dalam diri menjadi sebuah pemicu dan motivasi kita pasti bisa sukses.

Semua orang pasti mengalami hal yang pertama kali, missal pertama kali kuliah, pertama kali mengajar, pertama kali ikut lomba dll dan terkadang muncul rasa takut dalam diri dalam menhadapi hal itu. Kondisi ini yg menyebabkan kita menjadi lemah dan ‘ciut’ sehingga tidak berkembang,” tambahnya.

Arlina pernah menjadi Juara 1 Guru Teladan Kota Magelang dan 10 besar Guru Berprestasi tingkat provinsi. Beliau sekarang juga menjadi Ketua MGMP Bahasa Inggris Kota Magelang.

Advertisement

Siap Gelar PTM

Universitas Tidar akan melaksanakan Perkuliahan Tatap Muka (PTM) Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 kembali mulai 11 April 2022 atau setelah Ujian Tengah Semester (UTS). Keputusan ini berdasarkan pengumuman nomor B/1165/UN57.PK.01.03/2022 yang dkeluarkan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan pada 29 Maret 2022.

Mahasiswa yang mengikuti PTM adalah mahasiswa semester 2 dan 4 dengan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) Genap. Total jumlah yang akan mengikuti PTM sejumlah 2510 mahasiswa.

Bagi mahasiswa dengan beberapa kondisi khusus dan tidak bisa mengikuti PTM dianjurkan untuk melampirkan surat keterangan dari orang tua yang diketahui ketua prodi masing-masing.

Advertisement

PEMBUKAAN D4 TEKNIK REKAYASA PERANCANGAN MANUFAKTUR

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 4/D/OT/2022 tentang Izin Program Studi Teknologi Rekayasa Perancangan Manufaktur Program Sarjana Terapan, secara resmi prodi D3 Teknik Mesin dihentikan dan akan berubah menjadi prodi D4 Teknologi Rekayasa Perancangan Manufaktur.

Ada beberapa perubahan/ketentuan yang akan disesuaikan yaitu :

  • Mengalihkan mahasiswa angkatan 2020/2021 dan angkatan 2021/2022 pada Prodi D3 Teknik Mesin ke Prodi D4 Teknologi Rekayasa Perancangan Manufaktur.

  • Menyelesaikan masa studi Prodi D3 Teknik Mesin tahun 2019/2020 dan angkatan sebelumnya paling lama 1 tahun.

  • Tidak menerima mahasiswa baru D3 Mesin terhitung sejak keputusan menteri ini dikeluarkan.

  • Perbedaan D3 dan D4 adalah, D3 merupakan lulusan diploma dan d4 merupakan lulusan Sarjana Terapan, jumlah SKS sama dengan ketentuan kuliah Strata 1 sebanyak 144 sks, juga perkuliahan lebih banyak ke praktikum.

  • Pendaftaran untuk Prodi D4 Teknologi Rekayasa Perancangan Manufaktur akan dimulai melalui jalur Seleksi Mandiri tahun 2022

PENGUMUMAN SNMPTN UNTIDAR TAHUN 2022

Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2022 resmi diumumkan pada Selasa, 29 Maret 2022 pukul 15.00 Wib secara online melalui laman https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id dan 31 laman mirror lainnya.

Peserta SNMPTN memasukkan Nomor Peserta dan Tanggal Lahir lalu akan muncul tanda biru untuk “Lolos” dan Merah untuk “Tidak Lolos”.

Peserta lulus SNMPTN di UNTIDAR juga dapat melihat pengumuman di laman https://untidar.ac.id sekaligus alur registrasi mahasiswa baru.

Jumlah mahasiswa baru jalur SNMPTN yang diterima diterima adalah 602 wisudawan. Jumlah ini sesuai dengan Daya Tampung yang telah ditetapkan sebelumnya.

Program Studi dari Kelompok Saintek dengan Peminat Terbanyak adalah S1 Teknik Sipil sebanyak 368 peserta dan Kelompok Soshum adalah S1 Manajemen sebanyak 916 peserta.

PMB UNTIDAR 2022

  • Berapa Daya Tampung Mahasiswa Baru UNTIDAR Tahun 2022?

  • Total Daya tampung Mahasiswa Baru UNTIDAR Tahun 2022 sebanyak 3.275 mahasiswa yang terdiri dari 3010 mahasiswa dari program Sarjana (S1), 15 mahasiswa dari program Magister (S2) dan 250 mahasiswa dari program Diploma (D3 dan D4).

  • Jumlah ini naik 1.6% dari Daya Tampung Tahun 2021 yaitu 3.225 mahasiswa.

  • Daya Tampung ini juga dibagi berdasarkan Jalur PMB yaitu Minimum 20% (602 Mhs) untuk Jalur SNMPTN, Minimum 40% ( 1505 Mhs) untuk jalur SBMPTN dan Maksimum 30% untuk jalur Seleksi Mandiri (1168 Mhs) (SMJP dan SMUT).

  • Jumlah Fakultas dan Prodi di UNTIDAR?

UNTIDAR terdiri dari 5 Fakultas dan 20 prodi yaitu 17 prodi S1, 2 prodi D3 dan 1 prodi S2.







Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ditinggal Beli Makanan, Motor di Dapur Digondol Maling

Kulonprogo
| Kamis, 29 September 2022, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement