Advertisement

Mulai April, Rute Penerbangan Indonesia Malaysia Bakal Ramai Lagi

Anitana Widya Puspa
Minggu, 27 Maret 2022 - 20:37 WIB
Budi Cahyana
Mulai April, Rute Penerbangan Indonesia Malaysia Bakal Ramai Lagi Pesawat Air Asia melintas di Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta, Jumat (4/5/2018). - JIBI/Dwi Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – AirAsia Indonesia memperkirakan jumlah penumpang pada ketiga rute internasional Indonesia dan Malaysia akan tumbuh signifikan mulai 1 April 2022 ketika Malaysia menerapkan aturan bebas karantina.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine mengatakan kebijakan tersebut akan memudahkan warga berwisata ke Indonesia dan kembali ke negaranya tanpa harus karantina. Oleh karena itu, dia juga terus memantau potensi pembukaan rute internasional ke negara lainnya. Secara paralel, AirAsia menggenjot persiapan pesawat dan kru untuk dapat melayani rute-rute baru sewaktu-waktu.

“Kami memperkirakan jumlah penumpang pada ketiga rute internasional antara Indonesia dan Malaysia ini akan tumbuh signifikan mulai 1 April nantinya ketika Malaysia menerapkan aturan bebas karantina,” ujarnya melalui keterangan resmi, Minggu (27/3/2022).

Terbaru, AirAsia Indonesia telah menerbangkan kembali rute Kuala Lumpur - Surabaya PP mulai 25 Maret 2022. Penerbangan AirAsia Indonesia dengan nomor penerbangan QZ322 berangkat dari Bandara Internasional Juanda pukul 14.20 WIB dan tiba di Kuala Lumpur International Airport 2 pukul 17.45 waktu setempat dengan membawa 36 penumpang. Pesawat kembali dari Kuala Lumpur dengan nomor penerbangan QZ323 pada pukul 18.28 waktu setempat dan tiba di Surabaya pada pukul 20.10 WIB dengan membawa 114 penumpang.

Penerbangan rute Surabaya-Kuala Lumpur PP ini menjadi rute internasional ketiga AirAsia yang telah dibuka kembali di Indonesia selain dari rute Jakarta-Kuala Lumpur, dan Bali-Kuala Lumpur. Mulai 12 April 2022, AirAsia juga akan menerbangkan kembali rute internasional keempat yaitu Bali-Bangkok.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan pemerintah, otoritas penerbangan, pengelola bandara, mitra layanan darat, dan seluruh pihak yang terlibat dalam pembukaan dan pengoperasian kembali rute ini,” katanya.

Veranita berkomitmen untuk menormalkan layanan internasional seiring dengan semakin mudahnya persyaratan bagi pelaku perjalanan luar negeri baik untuk masuk ke Indonesia maupun ke negara tujuan. Kami berharap ini adalah awal yang baik bagi pemulihan perjalanan antara Indonesia dan Malaysia, sekaligus bagi kami dalam menjalankan peran sebagai salah satu stakeholder pariwisata nasional untuk mendukung pemulihan perekonomian di destinasi.

Maskapai dengan kode penerbangan QZ tersebut mengimbau seluruh masyarakat yang akan bepergian untuk selalu mengikuti arahan protokol kesehatan guna mendukung terciptanya ekosistem transportasi dan pariwisata yang aman dan nyaman demi kepentingan bersama. AirAsia juga mengimbau pelanggan untuk memastikan telah memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh masing-masing wilayah tujuan.

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Dies Natalis Sanata Dharma ke-67, Dorong Semangat Persaudaraan

Sleman
| Senin, 03 Oktober 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement