Advertisement

4 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari Orang dengan Kolesterol Tinggi

Nabila Dina Ayufajari
Rabu, 16 Maret 2022 - 22:47 WIB
Bhekti Suryani
4 Jenis Makanan Ini Harus Dihindari Orang dengan Kolesterol Tinggi Ilustrasi makanan cepat saji atau fast food - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kolesterol tinggi merupakan salah satu komplikasi kesehatan yang terkait langsung dengan pola makan yang buruk. Simak 4 jenis makanan yang wajib dihindari oleh orang dengan kadar kolesterol tinggi.

Peningkatan kadar kolesterol dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), secara global sepertiga penyakit jantung iskemik disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Selain itu, peningkatan kolesterol total merupakan penyebab utama beban penyakit di negara maju serta berkembang sebagai faktor risiko iskemik.

Pada 2008, prevalensi global peningkatan kolesterol total di antara orang dewasa rata-rata 39 persen (37 persen untuk pria dan 40 persen untuk wanita).

Untuk mengurangi risiko mengembangkan komplikasi terkait jantung karena kolesterol tinggi, seseorang perlu berhenti mengonsumsi beberapa jenis makanan.

Melansir dari Times of India pada Rabu (16/3/2022), berikut 4 makanan yang disarankan oleh Harvard Medical School untuk berhenti dikonsumsi atau dihindari orang dengan kadar kolesterol tinggi.

4 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Orang dengan Kolesterol Tinggi

1. Daging Merah

Daging merah selalu dianggap buruk untuk kolesterol dan mereka yang memiliki kolesterol tinggi sering disarankan untuk tidak mengonsumsi daging merah agar keharmonisan kolesterol dalam tubuh tidak terganggu.

Daging sapi, babi, dan domba umumnya tinggi lemak jenuh. Potongan daging seperti hamburger, iga, daging babi, dan daging panggang paling tinggi lemaknya. Anda tidak perlu menghindari daging selamanya, cukup makan sesekali saja.
Batasi diri Anda ke ukuran porsi 3 ons yang direkomendasikan dan tetap berpegang pada potongan yang lebih ramping, seperti sirloin, babi pinggang, atau filet mignon.

Menurut para ahli di Harvard Medical School, akan lebih baik jika ganti daging dengan protein yang lebih rendah lemak jenuh dan kolesterol, seperti ayam tanpa kulit atau dada kalkun, ikan, dan kacang.

2. Daging Olahan

Para ahli memperingatkan terhadap konsumsi daging olahan, terutama bagi penderita kolesterol tinggi. Daging olahan sering menggunakan potongan daging berlemak akibatnya memiliki kadar kolesterol dan lemak jenuh yang sangat tinggi.

Advertisement

Dagaing olahan juga berbahaya bagi kesehatan jantung mereka yang sudah memiliki kolesterol tinggi. Meskipun para ahli menyarankan beberapa alternatif yang lebih sehat untuk daging olahan, tetapi belum tentu ini bebas dari kolesterol.

3. Makanan Panggang

Bagi banyak orang, kue kering adalah hidangan paling enak yang pernah ada di dunia. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, semua orang menyukai makanan yang sangat manis ini baik sebagai camilan maupun sebagai hidangan penutup.

Para ahli telah memperingatkan bahwa jumlah yang luar biasa tinggi dari mentega, minyak, dan gula tidak baik untuk tubuh manusia, terutama bagi mereka yang sudah memiliki tingkat kolesterol tinggi dalam darah.

Advertisement

4. Makanan Digoreng

Banyak orang tidak bisa berhenti konsumi hidangan gorengan yang renyah. Para ahli juga telah memperingatkan terhadap asupan makanan yang digoreng karena menggoreng meningkatkan kepadatan energi atau jumlah kalori makanan.

Ahli kesehatan menyarankan menggunakan air fryer atau menggunakan minyak yang sehat untuk menggoreng makanan.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Anggaran Pilkada Gunungkidul Rp73 Miliar, Terbanyak untuk Operasional & Honor Panitia

Gunungkidul
| Minggu, 14 Agustus 2022, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Pemandangan Tujuh Gunung dari Ngablak Magelang

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement