Advertisement

Edan, Saat Pandemi Gaji Bos Unilever Malah Melonjak Jadi Rp94 Miliar

Nindya Aldila
Kamis, 10 Maret 2022 - 12:37 WIB
Budi Cahyana
Edan, Saat Pandemi Gaji Bos Unilever Malah Melonjak Jadi Rp94 Miliar Logo Unilever - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - CEO Unilever Alan Jope mendapat kenaikan gaji sebesar 42 persen pada tahun lalu menjadi 5 juta paunatau sekitar Rp94 miliar meski dunia sedang dilanda pandemi

Dilansir oleh Financial Times, keputusan ini dilakukan setelah perusahaan berhasil mencatatkan pertumbuhan yang melampaui target, sebagian karena kenaikan harga pada psebagai respons terhadap inflasi.

Advertisement

Berita tentang kenaikan paket gaji Alan Jope muncul saat Unilever menghadapi tekanan dari pemegang saham atas harga sahamnya yang lesu dan tawaran 50 miliar paun yang gagal untuk unit kesehatan konsumen GlaxoSmithKline akhir tahun lalu.

Total remunerasi Alan Jope naik menjadi 4,9 juta poundsterling dalam bentuk tunai dan saham pada tahun 2021 dari 3,4 juta poundsterling pada tahun sebelumnya setelah pembayaran bonusnya melonjak tajam, menurut laporan tahunan Unilever yang dirilis pada hari Rabu.

Ini sebagian sebagai hasil dari pertumbuhan penjualan yang mendasari – metrik utama untuk perusahaan barang konsumsi – sebesar 4,5 persen, naik dari 1,9 persen tahun sebelumnya.

Angka pertumbuhan, yang mengalahkan target perusahaan sebesar 3,5 persen, didorong oleh harga yang lebih tinggi. Adapun, harga menyumbang pertumbuhan 2,9 persen pada pembuat es krim Magnum, pemutih Domestos dan sabun Dove.

Andrea Jung, Ketua Komite Kompensasi Unilever, mengatakan dalam sebuah catatan kepada pemegang saham bahwa komite remunerasi grup telah memutuskan setelah pertimbangan yang cermat untuk tidak mengubah target dalam menanggapi kondisi bisnis yang bergejolak, atau untuk menerapkan kebijaksanaan pada hasil formula, yang akan menetapkan bonus global untuk semua karyawan Unilever yang memenuhi syarat.

"Keputusan kami untuk tidak mengubah target pertengahan tahun mengingat kondisi inflasi yang signifikan diambil untuk memastikan bahwa karyawan dan direktur eksekutif diperlakukan setara dengan kepentingan pemegang saham kami," ujarnya.

Paket gaji Jope yang lebih tinggi, terdiri dari gaji tetap 1,5 juta poundsterling dan bonus lainnya, adalah 70 kali lipat gaji rata-rata karyawan Unilever Inggris, naik dari 55 kali setahun sebelumnya.

Advertisement

Pada Februari 2022, Unilever Plc telah memperingatkan bahwa biaya akan naik sebanyak 2 miliar euro (US$2,3 miliar) pada pertengahan 2022 di tengah melonjaknya inflasi.

Dikutip dari Bloomberg, perusahaan mengatakan bahwa akan membutuhkan waktu dua tahun bagi tingkat profitabilitas perusahaan untuk pulih ke tingkat 2021.

Hal ini muncul karena proyeksi Unilever menunjukkan bahwa margin operasi akan menyempit sekitar 2,4 poin persentase pada tahun 2022, sebagian akan bangkit kembali pada tahun 2023, dan sepenuhnya pulih pada tahun 2024.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

SMK Koperasi Komitmen Cetak Kader Muda Perkoperasian

Jogja
| Kamis, 30 Juni 2022, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Perawatan, Museum RA Kartini Ditutup Hingga Minggu

Wisata
| Kamis, 30 Juni 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement