Advertisement

2022, Dokter Aziz Fokus Pembangunan SDM

Media Digital
Rabu, 02 Maret 2022 - 07:27 WIB
Nina Atmasari
2022, Dokter Aziz Fokus Pembangunan SDM Wali Kota Magelang, dr. Muchamad Nur Aziz meresmikan kegiatan strategis dan monumental tahun 2021 di RSUD Tidar Kota Magelang, Jumat (25/2/2022). - Istimewa

Advertisement

MAGELANG—Wali Kota Magelang, dr. Muchamad Nur Aziz dan Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur telah memasuki satu tahun masa pemerintahannya. Berbeda dengan pemimpin daerah lain yang fokus pada pembangunan fisik, pasangan dokter dan kiai ini fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM).

"Pada 2022 ini, kami fokus pada sumber daya manusia. Pembangunan SDM harus dikuati. Memang tidak kelihatan, beda dengan fisik yang dalam setahun akan kelihatan bangunannya. Tetapi SDM efeknya dahsyat, bisa membuat bangunan yang lebih hebat," kata wali kota yang akrab disapa Dokter Aziz tersebut, Jumat (25/2/2022).

Pola kepemimpinan ini dilakukan berdasarkan pengalamannya di masa kecil. Dokter Aziz mengungkapkan dirinya adalah anak dari guru SD. Namun, ia bisa mengubah dirinya menjadi dokter spesialis penyakit dalam hingga menjadi Wali Kota Magelang karena ia mengubah SDM.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Wali Kota yang dilantik pada 26 Februari 2021 ini juga menerapkan pola kepemimpinan nyawiji, yakni pemimpin turun ke bawah mendengarkan apa yang dirasakan masyarakat, bukan pemimpin yang hanya formalitas. "Jadi langsung kena sasaran. Saya pengen mendengarkan apa yang dikeluhkan masyarakat dan saya bisa langsung eksekusi [tindak lanjutnya]," katanya.

Adapun terkait target pembangunan, Dokter Aziz mengakui di tahun pertama lebih banyak melanjutkan program-program dari wali kota sebelumnya. Sejumlah kegiatan strategis dan monumental tahun 2021 diresmikan oleh Dokter Aziz tepat pada satu tahun masa kepemimpinannya.

Pembangunan tersebut meliputi Rumah Bersalin Paten, Puskesmas Magelang Utara, Parkir Basement RSUD Tidar Magelang, Pembangunan Lantai 5, 6 dan 8 Gedung Drs. H. Bagus Panuntun, dan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) di 4 kelurahan serta pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum lainnya.

Selanjutnya, pembangunan Gedung Kantor DPMP4KB, Samapta Aquatic Stadium, Gardu Padang dan Monumen Tanah Air Satu Bangsa di Kebun Raya Gunung Tidar, dan terakhir Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Magelang.

"Terimakasih kepada masyarakat karena Kota Magelang sangat kondusif sehingga proses pembangunan berjalan lancar. Pesan saya, hasil-hasil pembangunan tersebut dapat dipergunakan dan dirawat sebaik-baiknya, agar dapat memberikan manfaat yang lebih banyak," katanya, dalam sambutan saat peresmian tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Dokter Aziz juga memaparkan fokus pembangunan yang menitikberatkan pada pengembangan SDM ini diwujudkan melalui 9 program unggulan, meliputi Magelang Keren (Kelurahan Entrepeneurship Centre), Magelang Cantik (Cinta Organik), Progamis (Program Magelang Agamis), Balai Belajar, Jawani (Jaga Warga dari Pandemi), Jemput Sakit Antar Sehat, Rodanya Mas Bagya (Program Pemberdayaan Masyarakat Maju, Sehat dan Bahagia), Magesty (Magelang Smart City) dan Ngopi Bareng Pak Wali.

Advertisement

PAD Tercapai

Kesuksesan pemerintahan Dokter Aziz dan Kiai Mansyur ini juga tidak lepas dari peran masyarakat yang turut andil menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) meski di tengah pandemi Covid-19.

Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono menyebutkan meskipun di masa pandemi tetapi kontribusi masyarakat terhadap PAD masih cukup tinggi di semua lini.

Advertisement

Tahun 2020 PAD Kota Magelang  Rp 290.756 milyar, tahun 2021 naik menjadi Rp 319.352 milyar. Realisasi PAD terhadap target juga naik sebesar 125,08%.

"Dengan adanya Kenaikan PAD tersebut selanjutnya dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk program dan kegiatan pembangunan," ujar Joko Budiyono. (Pemkot Magelang/ds)

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ibu-Ibu Didorong Menggali Potensi Diri untuk Bangun Personal Branding, Beda dengan Pencitraan

Sleman
| Rabu, 28 September 2022, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement