Advertisement

Mengurus Perizinan di MPP Kota Magelang Diharapkan Selesai Setengah Hari

Nina Atmasari
Jum'at, 25 Februari 2022 - 18:47 WIB
Nina Atmasari
Mengurus Perizinan di MPP Kota Magelang Diharapkan Selesai Setengah Hari Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz memperkenalkan (soft launching) Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berada di Gedung Kyai Spanjang Jalan Kartini Kota Magelang, Kamis (24/2/2022). - ist/dok Prokompim Pemkot Magelang

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG - Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz mengharapkan masyarakat yang datang untuk mengurus keperluan di Kota Magelang bisa segera beres di Mal Pelayanan Publik (MPP). Petugas MPP akan melayani masyarakat secara paripurna.

Hal itu diungkapkan dokter Aziz, sapaan akrab Muchamad Nur Aziz saat memperkenalkan (soft launching) Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berada di Gedung Kyai Spanjang Jalan Kartini Kota Magelang, Kamis (24/2/2022).

Soft launching dihadiri Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz, Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur, Sekda Kota Magelang Joko Budiyono, Pejabat Forpimda Kota Magelang dan sejumlah kepala OPD/BUMD Kota Magelang.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Masyarakat, Pojok Pajak Buka Layanan di Jogja City Mall

Advertisement

Dokter Aziz mengungkapkan Pemkot Magelang mendirikan MPP untuk menyediakan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman. "Kita betul-betul ingin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa cepat mengurus perizinan-perizinan dan sebagainya," jelas dokter Aziz.

Ia menjelaskan MPP memiliki konsep one stop service, yakni dalam satu tempat bisa melayani berbagai kebutuhan masyarakat. Ia berharap, masyarakat yang datang ke MPP untuk mengurus suatu keperluan bisa segera beres. Petugas MPP akan melayani masyarakat secara paripurna.

"Orang datang ke sini minimal harus sudah ada kepastian kapan izin atau urusan selesai. Kita bisa melayani online maupun offline. Kalau sekarang 4 sampai 5 hari keperluan selesai, diharapkan tahun mendatang bisa setengah hari saja sudah selesai," paparnya.

Baca juga: 8 Spot Mancing di Jogja, Gratis & Bawa Ikan Sepuasnya

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Magelang, Muchamad Abdul Azis menerangkan, MPP mengintegrasikan berbagai layanan yang dilaksanakan oleh perangkat daerah kota, perangkat daerah provinsi, kementerian/lembaga, BUMN/BUMD dan unit layanan pendukung lainnya dalam satu lokasi atau satu gedung yang sama.

"Ini memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan," ujarnya.

MPP Kota Magelang terdapat 26 tenant yang bergabung, yakni DPMPTSP, Polres Magelang Kota, Unit Pelayanan Pajak Daerah Kota Magelang, PT Jasa Raharja Magelang, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Magelang, Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe  Madya Pabean C Magelang.

Selain itu terdapat Kantor Kemenag Kota Magelang, Kantor Imigrasi  Kls II Non TPI Wonosobo, PT BPD Jateng Cabang Koordinator Magelang, Perusda BPR Magelang, dan BRI Kantor Cabang Magelang.

Selanjutnya, BPJS Kesehatan Magelang, BPJS Ketenagakerjaan Magelang, Perusda Air Minum  Kota Magelang, Kantor Pertanahan Kota Magelang, DPMPTSP Prop. Jateng, dan Witel Magelang.

Selain itu, sejumlah OPD Kota Magelang meliputi DPUPR Kota Magelang, DLH Kota Magelang, DKK Magelang, BPKAD Kota Magelang, Disporapar Kota Magelang, Disdukcapil Kota Magelang, Disnaker Kota Magelang, Dishub Kota Magelang, dan Disperindag Kota Magelang.

Kepala Imigrasi Kls II non TPI Wonosobo, Ari Widodo mengatakan masyarakat bisa memanfaatkan slot Imigrasi di MPP ini untuk mengurus paspor, baik membuat baru ataupun perpanjangan.

"Syaratnya bila baru e-KTP, KK, Ijazah dan akte lahir. Jadi semoga masyarakat di Wilayah Magelang tidak perlu jauh-jauh ke Wonosobo, cukup di MPP ini. Kita akan mempermudah pengurusannya. Pembayaran bisa melalui bank, ATM, mobile banking ataupun Kator Pos," jelasnya. (*)

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

SMK Koperasi Komitmen Cetak Kader Muda Perkoperasian

Jogja
| Kamis, 30 Juni 2022, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Perawatan, Museum RA Kartini Ditutup Hingga Minggu

Wisata
| Kamis, 30 Juni 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement