Advertisement

Harian Jogja

Begini Pembangunan Tahap Pertama IKN Nusantara

Aprianus Doni Tolok
Rabu, 23 Februari 2022 - 21:47 WIB
Bhekti Suryani
Begini Pembangunan Tahap Pertama IKN Nusantara Presiden Jokowi saat berpidato pada World Economic Forum, Kamis (20/01/2022), secara virtual, dari Istana Kepresidenan Bogor, Jabar. - Foto: BPMI Setpres - Muchlis Jr.\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pembangunan tahap pertama Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dilakukan di kawasan inti pusat pemerintahan.

"Diawali dengan upaya merevitalisasi dan mereboisasi hutan terlebih dahulu, diikuti dengan pembangunan infrastruktur dasar, wilayah hijau dan biru kota, kompleks pemerintahan, perkantoran, dan perumahan berserta sarana prasarananya," kata Jokowi dikutip dari YouTube Setpres, Rabu (23/2/2022).

Advertisement

BACA JUGA:  Tokopedia Bantu Perempuan Pelaku UMKM Memiliki NIB

Jokowi menyadari ada banyak aspirasi dan harapan yang tinggi terkait IKN sehingga harus dijadikan pekerjaan besar bersama yang membutuhkan kontribusi dan kerja sama semua pihak.

BACA JUGA: Ada yang Aneh di Bantul, Kebanyakan Pasien Covid-19 Meninggal Justru Tanpa Komorbid

Menurutnya, menjadikan IKN sesuai dengan harapan dibutuhkan pendekatan not business as usual, kinerja tim terbaik, perencana dan perancang kota, arsitek, insinyur, ahli lingkungan sosial ekonomi, seniman, budayawan, dan pakar lainnya.

"IKN Nusantara ini merupakan pekerjaan besar Bangsa Indonesia yang nantinya menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

Kepala Negara juga menegaskan bahwa pemindahan ibu kota bukan sekadar memindahkan infrastruktur dan aparatur sipil negara. Menurutnya, pemindahan ibu kota negara adalah lompatan bagi Bangsa Indonesia untuk melakukan transformasi bangsa menuju Indonesia Maju.

IKN, kata Jokowi, nantinya akan menunjukkan kebesaran Indonesia, mencerminkan identitas nasional, menjamin keberlanjutan sosial, ekomomi, dan lingkungan, hingga memiliki standard internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja
Baca Koran harianjogja.com

Advertisement

alt

Jembatan Gantung Duwet Ditutup Per Hari Ini, Kenapa?

Kulonprogo
| Rabu, 22 Maret 2023, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Pesta Daging Iftar Ramadan di Horison Ultima Riss Malioboro Yogyakarta

Wisata
| Senin, 20 Maret 2023, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement