Advertisement

Ini Deretan Kecelakaan Maut Selain Tabrakan Maut di Balikpapan

Galih Eko Kurniawan
Jum'at, 21 Januari 2022 - 14:17 WIB
Galih Eko Kurniawan
Ini Deretan Kecelakaan Maut Selain Tabrakan Maut di Balikpapan Kecelakaan maut di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022).-Harian Jogja/Ist - Twitter

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kecelakaan maut terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), tepatnya di lampu merah Muara Rapak, Jumat (21/1/2022) pagi tadi.

Kejadiannya, sebuah truk tronton menabrak beberapa kendaraan roda empat dan dua yang berhenti di lampu merah Muara Rapak. Sampai siang ini, ada sedikitnya lima orang yang menjadi korban meninggal dunia serta 14 orang lainnya luka-luka.

Advertisement

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan berdasarkan keterangan dari sopir truk tronton tersebut, kendaraan yang dikendarainya mengalami rem blong saat melintas di lampu merah Muara Rapak.

"Keterangan sopir truk tronton pompa angin rem tidak berfungsi sehingga menyebabkan terjadinya rem blong," papar Dedi, Jumat. Mabes Polri melalui Korps Lalu Lintas (Korlantas) akan mengusut penyebab terjadinya peristiwa kecelakaan beruntun di Balikpapan itu.

Dari data yang dikumpulkan Harian Jogja, sejak beberapa tahun terakhir terjadi beragam kecelakaan maut. Berikut ini kecelakaan-kecelakaan maut yang pernah terjadi di Indonesia.

2012
Kecelakaan maut bus pariwisata terjadi di Tol Cipularang. Sedikitnya tujuh orang jadi korban meninggal dunia sedangkan puluhan orang lainnya luka-luka.

Pada tahun yang sama, terjadi lagi kecelakaan di Cipularang dengan korban meninggal dunia sebanyak tujuh orang dengan 31 orang luka-luka.

2015
Truk trailer menabrak tiga kendaraan di daerah Pasuruan, Jawa Timur pada 24 Agustus 2015. Sedikitnya ada empat orang yang jadi korban meninggal dunia dalam kecelakaan yang terjadi di sore hari.

Penyebab kecelakaan, truk trailer yang tanpa muatan itu mengalami rem blong. Truk itu lantas menabrak sebuah mobil Daihatsu Ayla, mobil pikap bermuatan ketela dan sebuah sepeda motor.

2016
Pada 29 Mei 2016, sepasang suami istri menjadi korban meninggal dunia kecelakaan di Tugu Pal Putih Jogja.

Saat itu, sepasang suami istri yang mengendarai sepeda motor itu ditabrak sebuah mobil yang juga menyasak beberapa pejalan kaki.

Laju mobil itu sampai naik ke atas ruas jalan dan baru terhenti setelah menabrak lampu traffic light perempatan Tugu Pal Putih.

Advertisement

2021
Kecelakaan yang melibatkan satu rombongan mobil pikap arisan keluarga terjadi di Kabupaten Malang, Jawa Timur pada 26 Mei 2021 sekitar siang hari.

Mobil pikap yang membawa 12 orang ini menabrak pohon di pinggir jalan yang mengakibatkan tujuh orang meninggal dunia sedangkan lima orang lainnya luka-luka. Selang beberapa waktu, dari lima orang luka itu, satu orang diketahui meninggal dunia.

Dalam kejadiannya, pikap menabrak pohon di pinggir jalan sebelah kiri. Akibatnya, sejumlah penumpang di bak belakang terpental keluar dari bak dan terjatuh di selokan pinggir jalan.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

UGM Bangun Kawasan Kerohanian Lima Agama, Ini Lokasinya

Sleman
| Minggu, 22 Mei 2022, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik Gunungkidul, Sempatkan Singgah ke "Surga Kecil" yang Satu Ini

Wisata
| Sabtu, 21 Mei 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement