Advertisement

Bocoran Jokowi! Siapa yang Bakal Pindah Ke IKN pada 2024?

Aprianus Doni Tolok
Rabu, 19 Januari 2022 - 19:47 WIB
Bhekti Suryani
Bocoran Jokowi! Siapa yang Bakal Pindah Ke IKN pada 2024? Presiden Joko Widodo berjalan seusai memberikan keterangan pers terkait rencana pemindahan Ibu Kota Negara di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019). Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan keputusan pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan memberi bocoran terkait siapa yang bakal pindah pertama-tama pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

"Pada 2024 kemungkinan yang pertama pindah ke IKN adalah Kepresidenan dan 4 hingga 6 kementerian. Ini kemungkinan ya," katanya dalam pertemuan bersama pemimpin redaksi media massa, Rabu (19/1/2022).

Advertisement

Dua lembaga yang wajib ada di Ibu Kota menurut undang-undang, sambung Jokowi, yaitu Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain pemindahan kantor Presidenan dan sejumlah kementerian, Kepala Negara mengatakan bahwa di IKN juga akan terdapat rumah sakit hingga universitas berskala global.

Jokowi menginginkan talenta-talenta Indonesia bisa digembleng di sana sehingga ke depannya SDM Indonesia bisa lebih berkualitas. Meski demikian, Presiden menegaskan bahwa saat ini prioritas pemerintah adalah pembangunan infrastruktur dasar di IKN.

Sebelumnya, hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara Danis H Sumadilaga.

Danis mengatakan pemerintah memprioritaskan pembangunan infrastruktur dasar dalam pengembangan ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur dalam waktu dekat.

BACA JUGA: Terdakwa Kasus Kredit Fiktif Bank Jogja Dihukum 10 Tahun Penjara

Menurut Danis, infrastruktur sumber daya air menjadi infrastruktur dasar yang disiapkan untuk pembangunan IKN.

“Kalau perencanaan itu, apapun untuk memulai suatu pembangunan infrastruktur, apalagi terkait pembangunan ibu kota negara, maka pasti yang menjadi prioritas adalah infrastruktur dasar,"katanya, Rabu (19/1/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Cabai Melimpah, Harga Cabai di Sleman Anjlok Ancam Petani

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement