Jokowi Beri Misi Khusus ke Shin Tae-yong, Apa Itu?

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong - PSSI
04 Januari 2022 18:07 WIB Akbar Evandio News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebutkan telah memberikan perintah khusus kepada pelatih Shin Tae-yong selepas menjadi nahkoda tim nasional (timnas) Indonesia di Piala AFF 2020.

Dikutip melalui media Korea Selatan Yonhap, Shin Tae-yong menyebutkan telah mendapat perintah khusus dari Presiden Ketujuh tersebut yang disampaikan melalui Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan.

"Saya diminta [Presiden Jokowi] untuk berkonsentrasi mempersiapkan Piala Dunia U-20 2023 dari sekarang," ujarnya, dikutip melalui Yonhap, Selasa (4/1/2022).

Sekadar informasi, piala Dunia U-20 akan berlangsung pada 2023 di Indonesia. Adapun, tim yang akan berlaga dalam ajang tersebut diketahui berjumlah 24 tim.

Rencananya, ajang tersebut akan berlangsung di enam kota yakni Jakarta, Surabaya, Bandung, Surakarta, Gianyar, dan Palembang.

Shin Tae-yong pun diminta untuk kembali mencari dan menemukan bibit-bibit muda terbaik di Indonesia untuk Piala Dunia U-20.

Untuk diketahui, nama Shin Tae-yong makin dikenal setelah Timnas menuntaskan perjuangan di Piala AFF 2020 yang berlangsung di Singapura. Piala AFF 2020 sendiri merupakan ajang pertama bagi Shin Tae-yong untuk memimpin skuad Garuda di turnamen resmi secara penuh.

Hasilnya, pelatih asal Korea Selatan tersebut mampu membuat Indonesia tampil cukup baik. Shin Tae-yong cukup impresif membawa Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2020. 

BACA JUGA: Susul Arthur Irawan, Tiga Eks Pemain PSS Gabung Persik Kediri

Meskipun Skuad Garuda harus takluk dari Thailand di laga final, tetapi dirinya memberikan bukti dari permainan anak asuhnya yang gemilang. Salah satunya, Pratama Arhan, bek kiri yang masih berusia 20 tahun didaulat jadi pemain muda terbaik. 

Dikutip melalui laman Kemenpora, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali juga menyampaikan bahwa Shin Tae-yong memang dipersiapkan untuk ajang Piala Dunia U-20. 

"Shin Tae-yong sudah mengerti tentang karakter pemain Indonesia dan anak-anak sudah mulai ada chemistry [rasa saling terhubung satu sama lain] dengan STY. Itulah sebabnya, kita tetap pertahankannya meski apapun hasil dari Piala AFF 2020 nanti, STY tetap menjadi pelatih timnas khususnya persiapan kita untuk menuju Piala Dunia U-20 tahun 2023," tuturnya.

Sumber : JIBI/Bisnis.com