Advertisement

Hasil Survei Tempatkan Airlangga Tertinggi di 2024

Galih Eko Kurniawan
Senin, 03 Januari 2022 - 12:37 WIB
Galih Eko Kurniawan
Hasil Survei Tempatkan Airlangga Tertinggi di 2024 Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan). - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Survei Panel Survei Indonesia (PSI) mencatat mayoritas publik puas terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Panel Survei Indonesia menyurvei tokoh pemimpin ke depan, yang menempatkan sosok Airlangga Hartarto tertinggi. Survei yang dilakukan yakni tentang kriteria kepemimpinan nasional 2024-2029 yang diinginkan masyarakat dengan rentang waktu survei pada 14-29 Desember 2021.

Advertisement

Direktur Eksekutif Panel Survei Indonesia (PSI) Andri Gunawan mengatakan hasil survei sebanyak 72,6% publik menilai puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo. Ada 24,1% tak puas dan 3,3% tidak menjawab.

“Dari hasil survei jajak pendapat keinginan masyarakat dalam kepemimpinan 2024 adalah kepemimpinan yang kuat di tiga aspek, antara lain aspek ekonomi, pemerintahan yang bersih dan pemerintah yang mengutamakan stabilitas politik, keamanan nasional,” kata Andri dalam keteranganya, Minggu (2/1/2022).

Apa yang diharapkan dari masyarakat, hasil surveinya adalah 89,9% ingin kemajuan sektor ekonomi, 84,2% ingin pemerintah yang bersih serta 70,3%% ingin pemerintah yang secara politik stabil dan kemanan nasional.

“Untuk pemerintah yang kuat menurut masyarakat yang jika Presiden didukung oleh mayoritas DPR sebanyak 82,9 persen, didukung pelaku bisnis/dunia usaha baik dalam dan luar negeri 88,6 persen, serta yang menyatakan mampu mengendalikan aparat hukum dan keamanan sebanyak 90,7 persen,” kata dia.

Survei juga dilakukan terhadap preferensi masyarakat akan partai politik. Tiga partai berada pada posisi teratas, yakni PDIP 12,7%, kedua dibawahnya adalah Golkar 12,4%. Ketiga ada Gerindra dengan 11,9%.

Selanjutnya ada Partai Demokrat 8,9% lalu ada partai PKB yang memimpin elektabilitas papan tengah sebesar 7,1%. Disusul Nasdem yang meraih elektabilitas 6,8%, kemudian partai-partai Islam lainya yaitu PKS 6,1%, PAN 3,3%, dan PPP 2,6%.

Sementara partai-partai lain yang baru terbentuk dan tidak atau belum masuk senayan seperti PSI 1,3%. Lalu Perindo 1,3%, Hanura 1,1%, PBB 0,9%, PKPI 0,8%, Berkarya 0,8%, dan Garuda 0,8%.

“Kemudian partai partai politik yang baru terbentuk yang sedang membentuk kepengurusan untuk ikut serta dalam Pemilu 2024 hanya Partai Prima menjadi preferensi publik dengan tingkat elektabilitas 1,4 persen, disusul Partai Gelora 0,7 persen, Partai Ummat 0,2 persen, dan sisa yang belum memilih sebanyak 18,9 persen,” kata Andri.

Airlangga Masih Tinggi
Survei juga dilakukan terhadap para tokoh. Jika pilpres digelar hari ini, siapa yang akan dipilih. Pemilihan tokoh tersebut didasarkan pada aspek kepemimpinan pasca Jokowi yakni aspek ekonomi, pemerintahan bersih dan stabilitas politik keamanan.

Dengan kriteria itu, survei menghasilkan Airlangga Hartarto sebagai tokoh yang diingin dan dipilih. Adapun elektabilitasnya adalah 18,3%. Di bawah Ketum Golkar itu ada nama Prabowo Subianto 16,2%, Ganjar Pranowo 14,4%, Basuki Tjahaya Purnama 5,9%,S ri Mulyani 5,4%, Anies Baswedan 3,3%.

Lalu ada nama Muhaimin Iskandar 3,2%, Puan Maharani 3,2%, Moeldoko 3,1%, Sandiaga Uno 3,1%, Harry Tanoesudibjo 2,4%, Agus Harimurti Yudhoyono 2,3%, Ridwan Kamil 1,9%, Khofifah Indarparawangsa 1,9%, Erick Thohir 1,7% dan yang belum memilih 13,7%.

“Survei ini dilakukan 14-29 Desember 2021. Jumlah total sampel sebanyak 1.820 orang responden tersebar di 34 provinsi. Sampel ditarik dengan metode multistage random sampling. Survei tersebut mengandung tingkat toleransi kesalahan plus minus 2,3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen,” tutur Andri.

Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing mengatakan dari survei itu terlihat cukup beralasan jika figur Airlangga banyak dilirik. Mengingat ia terlibat aktif dalam bidang ekonomi pemerintahan saat ini.

Apalagi, ekonomi Indonesia dianggap cukup berhasil melewati pandemi. Ada peran Airlangga dalam kesukseskan pemerintahan Presiden Jokowi di bidang ekonomi, dimana Airlangga sebagai Menko Bidang Perekonomian.

“Airlangga memiliki hubungan yang signifikan dengan keinginan masyarakat bahwa kepemimpinan nasional pasca Jokowi paling diinginkan 89,9 persen masyarakat menginginkan kemajuan ekonomi. Ini juga membuktikan kalau Airlangga menjadi sosok capres 2024 yang diinginkan masyarakat,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City Bakal Bergabung dengan Ratusan Orang untuk Aksi Hari Buruh

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement