Ibu Perlu Diberi Edukasi Gizi & Nutrisi untuk Perkembangan Anak

Kegiatan peringatan Hari Ibu pada Rabu (22/12/2021). - Ist.
22 Desember 2021 16:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Kegiatan edukasi gizi dan nutrisi dalam rangkaian Hari Ibu digelar secara daring dan luring bertempat di Taman Pintar Jogja, Rabu (22/12/2021). Ibu memiliki peran penting dalam tumbuhkembang anak sebagai generasi penerus bangsa.

Penghageng KHP Nitya Budaya Kraton Jogja GKR Bendara menyatakan peringatan Hari Ibu sebagai pengingat peran ibu dan calon ibu hakekatnya adalah wanita tangguh. Menurutnya, saat ini seorang ibu memiliki peran ganda, selain harus bisa menjadi ahli nutrisi namun sekaligus sebagai guru bagi anaknya. Ibu akan selalu memprioritaskan kebutuhan keluarga termasuk gizi dan nutrisi anak sebagai generasi penerus masa depan.

“Seorang ibu bukan hanya sebagai konco wingking, bila suami adalah Kepala Keluarga, maka ibu ibarat leher yang mendukung suami untuk mengarahkan keluarga ke arah yang lebih baik,” katanya dalam kegiatan tersebut.

Kepala UPT Pengelolaan Taman Budaya selaku pengelola Taman Pintar Retno Yuliani menambahkan melalui kerja sama dengan berbagai pihak, Taman Pintar menyediakan banyak wahana berkaitan dengan edukasi ibu dan anak. Salah satunya tentang nutrisi dan gizi, bisa menjadi titik tujuan wisata keluarga yang efektif untuk edukasi bagi anak dan ibu.

“Maka kami optimistis meski dengan pembatasan di era pandemi ini, kami bisa tetap mengambil peran dalam upaya pencegahan stunting,” ujarnya

Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto menyatakan komitmennya mendukung kesehatan anak-anak Indonesia. Ia sepakat peran ibu sebagai penggerak keluarga untuk membentuk generasi mendatang yang berkarakter.

“Kami mendorong kolaborasi multipihak untuk pemenuhan gizi, kebersihan lingkungan dan kesehatan generasi mendatang. Sehingga seorang ibu saling mendukung dengan suami untuk bisa memastikan anaknya tidak tertinggal dan mampu bersaing di masa mendatang,” ujarnya.