Kartu BPJS Kesehatan Hilang? Begini Cara Mencetaknya Lagi

Petugas melayani peserta BPJS, di Kantor BPJS Kesehatan, Proklamasi, Jakarta, Selasa (8/9/2020). Sebanyak lebih dari 40 ribu orang telah memanfaatkan fasilitas kelonggaran tunggakan iuran kepesertaan dan hanya diwajibkan membayar 6 bulan iuran untuk kembali mengaktifkan kepesertaan dari yang sebelumnya diwajibkan membayarkan 24 bulan. ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga
20 Desember 2021 06:37 WIB Setyo Puji Santoso News Share :

Harianjogma.com, SOLO - Setiap peserta BPJS Kesehatan wajib memiliki kartu kepesertaan untuk keperluan administrasi saat hendak berobat di fasilitas kesehatan (faskes).

Saat ini kartu kepesertaan BPJS Kesehatan hadir dalam dua bentuk, yaitu fisik maupun digital.

Lantas bagaimana jika kartu kesepertaan BPJS Kesehatan tersebut hilang?

Dikutip dari laman Indonesia.go.id, ada dua metode yang Anda bisa lakukan untuk mengurus kartu BPJS Kesehatan, yakni online dan offline.

Metode online direkomendasikan karena lebih mudah dan singkat untuk dilakukan. Anda juga tak perlu datang ke kantor BPJS untuk melakukan pencetakan kartu jika memakai metode online tersebut. Namun cara offline pun tak menjadi masalah karena prosesnya juga tak sulit.

Berikut dokumen persyaratan untuk mengurus kartu BPJS yang hilang dengan metode offline:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Surat Kehilangan dari Kepolisian setempat

Cara mengurus kartu BPJS secara offline:

1. Lapor ke polisi

Pergi ke kantor polisi terdekat untuk membuat laporan kehilangan kartu BPJS. Cara membuat laporan sama seperti jika Anda kehilangan KTP, SIM, dan STNK. Pihak kepolisian nantinya akan membuatkan surat kehilangan kartu BPJS untuk Anda. Simpan surat tersebut karena akan digunakan pada langkah selanjutnya.

2. Datang ke kantor BPJS dengan membawa persyaratannya

Kunjungi kantor cabang BPJS yang terdekat dengan domisili Anda. Bawa persyaratan seperti yang disebutkan di atas. Plus, sertakan juga surat kehilangan yang Anda dapatkan dari kepolisian tadi. Bawa materai 6.000 untuk berjaga-jaga apabila diminta membuat surat pernyataan. Mengurus kartu BPJS yang hilang bisa diwakilkan oleh keluarga yang namanya tercantum dalam Kartu Keluarga Anda.

3. Pembuatan kartu baru

Setelah tiba di kantor BPJS terdekat, datangi pusat layanan dan sampaikan bahwa Anda kehilangan kartu BPJS.

Mintalah petugas untuk membuat duplikat kartu BPJS yang hilang tersebut. Anda biasanya akan dimintai dokumen-dokumen persyaratan untuk melakukan pengecekan data identitas.

Setelah persyaratan Anda dinyatakan lengkap, proses pencetakan kartu BPJS akan dilakukan. Anda biasanya harus menunggu hingga keesokan harinya untuk mengambil kartu tersebut.

Cara mengurus kartu BPJS secara online:

  • Unduh aplikasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.
  • Daftar di aplikasi tersebut dengan mengisi data pribadi seperti nomor kartu BPJS, KTP, dan nomor telepon.
  • Masuk dengan menggunakan nomor kartu/username/email dan password yang telah didaftarkan.
  • Setelah berhasil masuk ke menu utama, pilih menu cetak kartu e-ID.
  • Klik pada ikon email dan ikuti proses yang diminta.
  • Anda akan mendapat email dari BPJS yang berisi kartu atas nama Anda.

Sumber : JIBI/Bisnis.com