Terapkan Digitalisasi, Puluhan Lembaga Kursus & Pelatihan Diberi Penghargaan

Pemberian penghargaan kepada LKP dari berbagai kota di Indonesia, Kamis (16/12/2021) malam. - Ist.
17 Desember 2021 04:57 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) sudah banyak yang menerapkan digitalisasi. Puluhan lembaga tersebut diberikan penghargaan, Kamis (16/12/2021) malam.

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakrinto mengapresiasi para LKP yang telah berkembang dengan menerapkan digitalisasi dalam pengelolaan lembaganya. Terbukti LKP bisa menyesuaikan sejumlah sistem berbasis digital, mulai dari mengunggah proposal berbasis online hingga membuat laporan video dalam bentuk audio dan visual. Melalui penerapan sistem digital tersebut akan memudahkan LKP terus berkembang di tengah masifnya penggunaan teknologi.

“Ternyata LKP ini bisa sangat digital, dalam laporan membuat proposal berbasis digital dari awlanya 8.000 proposal seluruh Indonesia sudah berkembang menjadi 9.000 dari total sekitar 11.000 LKP. Laporan harus juga berbasis digital dengan mengintegrasikan kamera melalui sistem aplikasi Suslat, tentu kami berharap agar ke depan ada terobosan yang lebih menarik dan inovatif,” kata Wikan.

Plt Direktur Kursus dan Pelatihan Wartanto menambahkan LKP memiliki perkembangan signifikan dalam penyesuaian sistem digital. Pelaporan kegiatan tidak ada lagi yang menggunakan kertas. “Kami apresiasi ada 3.500 video pelaporan program kecakapan wirausaha dan program pencarian kerja yang masuk di seluruh Indonesia, ini angka yang bagus ke depan kami dorong untuk terus berkembang melalui digitalisasi,” ujarnya.

Ia menambahkan pelatihan dan pendampingan kepada pengelola LKP terus diberikan agar bisa terus berkembang menyesuaikan dengan kebutuhan dunia industri. Adapun kondisinya pun sangat beragam, tetapi secara umum jumlah LKP yang tergolong sudah baik ada sekitar 3.500 LKP yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

“Jumlah yang status baik ini terus kami upayakan bisa meningkat dan pemerataan kualitas baik di Indonesia bagian tengah maupun timur,” ujarnya.

Adapun penghargaan itu diberikan melalui lima kategori antara lain video best practice pendidikan kecakapan wirausaha, lomba bahan ajar program pendidikan kecakapan wirausaha, lomba video best practice pendidikan kecakapan kerja, lomba video best practice program peningkatan kompetensi SDM, dan lembaga sertifikasi kompetensi berkinerja baik. Dari lima kategori tersebut diambil enam terbaik melalui seleksi dari persaingan ribuan LKP di seluruh Indonesia.