Ini 10 Stasiun Kereta Legendaris yang Terbengkalai di Seluruh Dunia

Stasiun kereta Carlisle - Railway Wonders of the World
02 Desember 2021 03:37 WIB Intan Riskina Ichsan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Kereta api pernah menjadi alat penggerak utama bagi hampir semua orang di dunia, jauh sebelum ada jalan raya, mobil sport, pesawat terbang, dan bandara. Kini banyak stasiun kereta api di seluruh dunia yang telah ditinggalkan karena tak terpakai, berubah menjadi karat dan menghasilkan pemandangan yang luar biasa.

Zaman keemasan kereta api hampir sepenuhnya berada di masa lalu. Tidak diragukan lagi, kereta api masih merupakan cara yang sangat baik untuk bepergian, terutama di sebagian besar tempat di seluruh dunia, tetapi mereka bukan lagi alat penggerak utama.

Sejak munculnya mobil yang lebih cepat dan lebih andal, pengenalan jalan raya, semakin banyak infrastruktur, dan terutama dengan komersialisasi bandara, usia kereta api telah mulai membusuk. Berikut 10 stasiun kereta api terbengkalai paling luar biasa dari berbagai lokasi di seluruh dunia, dilansir dari Hotcars:

1. Stasiun Seram di Pennsylvania

Kelemahan dari tempat-tempat yang ditinggalkan adalah tempat tersebut menjadi cukup menakutkan dan nampak seram. Salah satunya adalah stasiun di Pennsylvania yang sangat luar biasa dengan tampilan kontras tinggi, jendela gelap, langit berbadai, dan format hitam putih. Semuanya memberikan suasana yang menakutkan. Tampilan grafiti juga menambah ketegangan.

2. Kekacauan Eropa di Praha

Stasiun kereta api ini telah ditinggalkan di suatu tempat di dekat Praha, Cekoslowakia. Plesteran kuning dan aksen arsitektur membuat stasiun kereta yang ditinggalkan ini terlihat sangat unik, dan sangat mempesona. Dengan sedikit coretan, mengundang untuk dieksplorasi, meskipun stasiun tetap utuh dengan cukup baik. Stasiun kereta api ini bahkan bisa menandai kemunduran seluruh desa.

3. Peninggalan Masa Lalu Futuristik di Uni Soviet

Ini adalah kereta jet Soviet yang ditinggalkan, dibiarkan membusuk di jalurnya di tempat yang bersalju dan dingin. Kereta jet Soviet seolah termasuk ke dalam novel fiksi ilmiah, atau di rel kereta masa depan umat manusia padahal kereta ini berasal dari masa lalu. Stasiun kereta ini mirip dengan perjalanan teknologi zaman ruang angkasa.

4. Rumah Kaca Sementara di Carlisle

Stasiun kereta yang ditinggalkan di Carlisle ini mengubah dirinya menjadi rumah kaca virtual, dengan banyak cahaya dan banyak ruang untuk menanam semua jenis tanaman. Tanaman ini bekerja keras tumbuh dan berkembang. Akhirnya yang tersisa hanyalah lanskap hijau yang nyaris tidak menunjukkan struktur kunonya dan lebih mirip seperti kedai kopi hipster.

5. Berdiri Melawan Elemen di Uni Soviet

Kerangka raksasa ini dengan megahnya menandai sisa-sisa rel kereta Soviet yang ditinggalkan. Raksasa baja ini tidak diragukan lagi akan bertahan selama berabad-abad yang akan datang. Mobil dan bangunan yang ditinggalkan di bawah, sebagian disamarkan oleh salju dan seolah dilindungi oleh raksasa baja ini.

6. Mahkota Dedaunan di Nazimambad

Stasiun kereta api ini telah meninggalkan sejarah waktu di Nazimambad, India, di mana tidak diragukan lagi melewati berbagai peninggalan. Untuk alasan apa pun itu, ekonomi, penurunan populasi, baik kurangnya permintaan, stasiun ini telah dilupakan dan rusak dengan mengambil alih gapura dengan indah dipenuhi tanaman dan dedaunan. Segera strukturnya akan runtuh, memungkinkan semakin banyak kehidupan tanaman untuk memulai kehidupan lagi.

7. Bangunan Karat di Newcastle

Ini adalah stasiun kereta api berukuran cukup besar yang terletak di Newcastle, Australia yang baru-baru ini ditinggalkan dan ditutup selamanya. Meskipun penutupan tempat ini cukup baru dan terlihat jelas dari entropinya, karat sudah mulai menggerogoti jalur kereta api ini dan tanaman mulai tumbuh di antara ikatan rel. Belum pasti apakah stasiun ini akan dibongkar dan diganti dengan apartemen bertingkat atau dibiarkan begitu saja.

8. Kereta Tertunda di New York

Huruf "To Station" yang disematkan di batu bata stasiun kereta yang ditinggalkan di Buffalo, New York ini benar-benar menghantui. Gambar ini menangkap pesona dan daya tarik nyata di balik tempat-tempat yang ditinggalkan. Stasiun ini mengingatkan orang-orang akan stasiun yang penuh sesak dan hiruk pikuk kehidupannya.

9. Kemewahan yang Ditinggalkan di Pyrenees

Pada kenyataannya stasiun kereta api ini penuh dengan segala keindahan, kemewahan, susunan yang bagus, namun tetap ditinggalkan. Ini adalah Stasiun Canfranc, terletak di Pyrenees Prancis, tepat di perbatasan antara Spanyol dan Prancis, dan merupakan salah satu stasiun kereta paling subur dan mewah di Eropa. Lorong-lorong dan jendela-jendela yang tertata apik semuanya masih berdiri apa adanya, bersama dengan gerbong-gerbong kereta api yang mewah.

10.  Stasiun Kosong di Berlin

Stasiun kereta api ini dibiarkan terbengkalai di suatu tempat di daerah dekat Berlin. Stasiun ini telah rusak dan seolah telah mengalami penghancuran tanpa ampun hingga akhirnya digunakan oleh gelandangan. Grafiti menambah nuansa dan sifat menghantui dari tempat-tempat semacam ini. Masih sering diduduki oleh orang namun tetap nampak kosong.

Sumber : JIBI/Bisnis.com