Badai Matahari Diprediksi Hari Ini, Begini Dampaknya ke Bumi

Planet Matahari - JIBI
28 November 2021 08:37 WIB Ahmad Thovan Sugandi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Para astronom dan peneliti di SpaceWeather.com telah memperingatkan kedatangan badai matahari terpanjang sepanjang sejarah akan menghantam bumi pada Minggu, 28 November 2021.

Badai tersebut tidak boleh diremehkan karena terbukti berdampak pada berbagai gangguan terutama terkait jaringan dan internet. Berikut adalah dampak dari bada matahari terhadap infrastruktur teknologi di bumi.

1. Kabel Bawah Laut
Infrastruktur kabel bawah laut sangat rentan terdampak dan mengalami kerusakan saat badai matahari menerjang. Badai tersebut merupakan lonjakan energi magnetik yang disebabkan oleh badai tersebut dapat merusak repater yang terdapat pada kabel bawah laut.

2. Jaringan Internet Terganggu
Badai matahari dapat mengganggu bahkan merusak jaringan internet yang ada di bumi. Secara alami matahari terus melemparkan partikel bermuatan magnetik ke arah planet-planet di sekitarnya.

Partikel tersebut dalam jumlah yang normal dapat ditepis oleh lapisan ozon. Sedangkan dalam badai matahari muntahan partikel menjadi lebih banyak dan tidak dapat dinetralisir oleh lapisan pelindung bumi.

Partikel yang mencapai bumi dapat merusak jaringan internet, bahkan di tingkat yang sangat ekstrim dapat merusak seluruh jaringan dan membuat akses internet lumpuh total.

3. Jaringan Radio Terganggu
Fasilitas yang menggunakan gelombang radio juga akan terganggu oleh adanya badai matahari. Saat terjadi badai siaran radio dapat tidak berfungsi sepenuhnya karena paparan partikel bermuatan magnetik.

Masyarakat tentu harus waspada dengan kedatangan badai tersebut, tetapi disarankan untuk tidak panik maupun khawatir berlebihan. Hal itu karena sangat jarang badai matahari dapat menimbulkan kerusakan yang fatal dan menyeluruh.

Sumber : JIBI/Bisnis.com