Advertisement

128 Pelari Ikut Tilik Candi di Borobudur Marathon 2021

Media Digital
Sabtu, 27 November 2021 - 07:57 WIB
Sunartono
128 Pelari Ikut Tilik Candi di Borobudur Marathon 2021 Peluncuran buku "Borobudur Marathon Mewarnai Zaman" menandai pembukaan Borobudur Marathon 2021. - Ist.

Advertisement

Sebanyak 128 pelari akan mengikuti Bank Jateng Tilik Candi dalam rangkaian Borobudur Marathon 2021 Powered by Bank Jateng yang digelar di Borobudur, Kabupaten Magelang, Minggu (28/11/2021).

Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chi An mengungkapkan sejak kegiatan pertama kali digelar pada tahun 2017, pihaknya berupaya untuk terus berinovasi dan secara konsisten menghadirkan keseruan setiap tahunnya.

Advertisement

“Kami di tahun ini membuka kategori Bank Jateng Tilik Candi yang menggaet 128 pelari untuk hadir bersama di Magelang dan menyatukan energinya. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi penyelenggaraan offline race di Indonesia dan diharapkan menjadi gerbang yang terbuka kembali untuk penyelenggaraan offline race Borobudur Marathon ke depannya,” jelasnya, dalam pembukaan Borobudur Marathon 2021 Powered by Bank Jateng di, Jumat (26/11/2021).

Pada pagelaran tahun ini, Borobudur Marathon 2021 powered by Bank Jateng yang dilaksanakan selama dua hari menghadirkan tiga lomba yaitu Borobudur Marathon Elite Race dengan peserta 42 pelari pada Sabtu (27/11), Bank Jateng Tilik Candi pada Minggu (28/11), dan Borobudur Marathon Virtual Challenge (BMVC) pada Minggu (28/11) hingga Minggu (12/12). Pada pilihan tantangan virtual, Borobudur Marathon menggaet 8.008 pelari dari seluruh Indonesia dengan kategori 42k, 21k, dan 10k.

Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra mengatakan setelah 5 tahun penyelenggaraan, di tahun 2021 mempersembahkan sesuatu yang baru yaitu buku “Borobudur Marathon Mewarnai Zaman’’.

"Sebagai kegiatan olahraga yang sekaligus menjadi bentuk wisata yang turut meningkatkan perekonomian wilayah Magelang, pagelaran tahunan marathon ini sudah menjadi kegiatan ikonik di Magelang," katanya.

Kisah perjalanan Borobudur Marathon ini diceritakan dalam buku bertajuk “Borobudur Marathon Mewarnai Zaman” karya Lilik Oetama, Ganjar Pranowo, Budiman Tanuredjo, Supriyatno, dan Liem Chi An. Peluncuran buku ini sekaligus menjadi momen pembukaan Borobudur Marathon 2021 Powered by Bank Jateng.

Adapun Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno mengakui bahwa kegiatan Borobudur Marathon ini secara tidak langsung mendukung UMKM Magelang salah satunya melalui program Pawone yang digulirkan bersama Bank Jateng. Pada pelaksanaan acara 27-28 November 2021, peserta dapat menikmati sajian khas Magelang dari UMKM yang tergabung di Pawone Borobudur Marathon.

“Momen Borobudur Marathon ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah terhadap perekonomian Magelang dengan meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM,” tambah Supriyatno.

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo menjelaskan penyelenggaraan kali ini menyesuaikan dengan protokol kesehatan di antaranya ialah para pelari dari kategori elite race yang kondisi kesehatannya dipantau oleh Medical Director Borobudur Marathon bahkan dua minggu sebelum kedatangannya di Magelang.

“Sebagai tindakan preventif, tes usap antigen diwajibkan sebelum berangkat ke Magelang dan tes usap PCR juga dilakukan saat tiba di Magelang. Ini berlaku bagi semua orang yang terlibat pada kegiatan ini, baik dari pelari hingga panitianya,” jelas Budiman.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement