Jokowi Targetkan Pembangunan Infrastruktur Digital Selesai dalam 2 Tahun

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato di acara Kompas100 CEO Forum di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/11 - 2021) / Youtube Setpres\\r\\n\\r\\n
19 November 2021 10:47 WIB Leo Dwi Jatmiko News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meminta kepada jajarannya untuk mempersiapkan infrastruktur digital untuk mengoptimalkan ekonomi digital Tanah Air. Jokowi menargetkan pembangunan infrastruktur digital rampung dalam 2 tahun. 

“Saya sudah memberikan target 2 tahun. Kalau lepas dua tahun, sudah kita kedahuluan negara lain,” kata Jokowi dalam acara Kompas 100 CEO Forum, Kamis (18/11/2021). 

Dalam mempersiapkan infrastruktur digital, kata Jokowi, Indonesia membutuhkan jaringan serat optik, satelit, Base Transceiver Station (BTS), dan lain sebagainya termasuk pangkalan data di hilirnya. 

BACA JUGA : Jokowi Minta Anggaran Segera Dihabiskan Jelang Akhir Tahun

Jokowi kembali menegaskan bahwa Indonesia hanya memiliki waktu 2 tahun menyiapkan untuk menyiapkan itu semua. “Regulasi-regulasi kita yang terlambat terus. fintech sudah lari, regulasinya belum ada,” kata Jokowi. 

Selain infrastruktur, kata Jokowi, pemerintah juga akan menyiapkan masyarakat agar melek dan lebih bijak dalam menggunakan digital. 

Dengan hadirnya infrastruktur digital dan masyarakat melek digital, maka terbentuk sebuah ekosistem besar digital ekonomi.  “Kemudian yang paling penting adalah SDM. kebutuhan ini sudah kebutuhan besar untuk membangun ekonomi digital,” kata Jokowi.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia