15 Imam dari Indonesia Siap Bertugas di Masjid UEA

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berfoto bersama Rahmat Alfian Hidayat, santri yang lolos menjadi imam Masjid Besar di UEA. - Istimewa
02 November 2021 22:37 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebanyak 15 imam masjid dari Indonesia yang diberangkatkan Kementerian Agama untuk bertugas di masjid-masjid di Uni Emirat Arab (UEA) sudah tiba di negara tersebut.

“Kerja sama pengiriman imam merupakan bukti lain dari eratnya hubungan kedua negara,” kata Duta Besar Indonesia untuk UEA Husin Bagis dikutip dari The National News, Senin (1/11/2021).

Para imam tersebut, katanya, akan bertugas di masjid yang tersebar di Abu Dhabi, Al Ain, Al Dhafra, Fujairah dan Ras Al Khaimah, di antara lokasi lainnya.

Secara total, dalam kerja sama tersebut Indonesia akan mengirim lebih dari 200 imam untuk membantu peribadahan di masjid UEA hingga akhir tahun depan.

Senada dengan Husin, Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan bahwa pemberangkatan 15 imam asal Indonesia tersebut merupakan wujud keseriusan pemerintah dalam menjaga jalinan kerja sama antara Indonesia dan UEA.

"Ini bukti keseriusan Kemenag untuk menjalankan amanah Presiden terkait hubungan dua negara. Meski sempat terkendala pandemi Covid-19, alhamdulillah 15 imam asal Indonesia bisa diberangkatkan," katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (30/10/2021).

Dirjen menambahkan, imam masjid asal Indonesia merupakan permintaan khusus Putra Mahkota UEA, Syeikh Zayed kepada Presiden Joko Widodo.

Sumber : JIBI/Bisnis.com