Sah! BPOM Keluarkan Izin 3 Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Kepala BPOM Penny Lukito saat konferensi pers terkait penggunaan ivermectin - BPOM
01 November 2021 15:37 WIB Indra Gunawan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA –Kabar baik bagi anak di bawah 12 tahun. Pemerintah kini mengizinkan penggunaan vaksin sinovac untuk anak usia 6-11 tahun.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengumumkan vaksin Covid-19 akan segera diberlakukan untuk anak usia 6-11 tahun. Adapun vaksin yang digunakan adalah Sinovac, Coronavac dan vaksin dari Bio Farma.

“Ini merupakan izin sebelumnya untuk vaksinasi anak usia 12-17 tahun. Jadi sekarang vaksin Sinovac bisa diterapkan kepada anak untuk usia 6-11 tahun,” ujar Penny Lukito, Kepala BPOM dalam siaran pers virtual, Senin (1/11/2021).

Dikatakan, hal tersebut adalah berita yang menggembirakan karena vaksinasi anak sangat urgen dilakukan seiring berjalannya pembelajaran tatap muka.

BACA JUGA: Belanja Kelompok Masyarakat Bawah Lebih Lambat Pulih akibat Pandemi

“Tentunya nanti ahlinya akan memaparkan urgensi kenapa anak-anak harus segera divaksinasi,” ucap Penny.

Dia mengatakan, di tengah tren penurunan Covid-19, vaksinasi anak merupakan upaya untuk meredam wabah secara sistematis.

“Pandemi belum berakhir. Di dunia lain masih merebak kasus Covid-19. Kita harus seluas mungkin menggulirkan vaksinasi ini,” ujarnya.

“Saya kira, segmen usia anak adalah segmen yang sangat penting. Kemudian di bawah enam tahun masih akan kita upayakan data-data yang lebih lengkap lagi. Ini upaya kehati-hatian kami,” lanjutnya.

BPOM, kata Penny, juga mengapresiasi para peneliti obat yang terlibat dalam vaksinasi Covid-19 untuk anak tersebut.

Sumber : Bisnis.com