Advertisement

Santri Dibekali Wirausaha dengan Manfaatkan Teknologi Digital

Newswire
Senin, 25 Oktober 2021 - 06:37 WIB
Sunartono
Santri Dibekali Wirausaha dengan Manfaatkan Teknologi Digital Santri saat melakukan kegiatan diskusi di pondok pesantren. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG--Santri didorong untuk mampu menciptakan peluang wirausaha mandiri dengan memanfaatkan teknologi digital. Cara itu dapat dilakukan melalui kelompok kecil mulai dari lingkungan pondok pesantren tempat santri menuntut ilmu.

Puluhan santri diberikan bekal ilmu wirausaha melalui seminar bertajuk Santri Kreatif Santri Muda Inspiratif di Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin – Alif Baa, Mantrianom, Banjarnegara. Minggu (24/10/2021). Kegiatan ini digelar oleh komunitas Sahabat Ganjar setelah sebelum ya melakukan Gerebek Ponpes pada 21 hingga 22 Oktober 2021 sebagai rangkaian Hari Santri.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA : Berdayakan Santri dengan Jumputan dan Ecoprint

Praktisi dari Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia Bambang Wahyuono sebagai pemateri menjelaskan santri dapat memulai blajar berwirausaha melalui lingkup kecil di lingkungan pesantren tempat belajarnya. Mereka dapat memanfaatkan pula dengan teknologi digital sebagai salah satu cara memasarkan barang yang dijual.

Kami berharap dengaan adanya seminar dan lomba ini, para santri dapat mengimplementasikan ide-ide kewirausahannya ke kehidupan sehari-hari,” katanya.

Salah satu santri peserta seminar Muhammad Hafiz mengaku tertarik mempelajari ilmu wirausaha. Ia memiliki cita-cita saat lulus dalam membuka usaha baru. “Selama ini jarang ada seminar wirausaha dengan menyasar santri, kami sebenarnya sangat ingin tahu bagaimana cara membuka usaha baru,” ujarnya.

Ketua Umum DPP Sahabat Ganjar Jaka Saptan berharap melalui bekal seminar itu memberikan inspirasi agar para santri dapat menggali potensi diri untuk membuat usaha mandiri, khususnya dengan memanfaatkan teknologi digital. Karena dunia internet terus berkembang yang mengharuskan setiap masyarakat untuk terbiasa menggunakan platform tersebut khususnya di dunia wirausaha.

BACA JUGA : Kemenag Percepat Digitalisasi Usaha Pesantren untuk

Advertisement

“Sebelumnya kami juga menggelar Gerebek Ponpes yang bertujuan untuk membekali Pondok Pesantren untuk terjun ke dunia digital. Dan hari ini adalah puncak kegiatannya untuk melihat potensi berwirausaha yang dimiliki para santri. Serta lomba Cipta Kreasi Wirausaha Santri Berprestasi untuk melahirkan para santri yang mempunyai pemikiran kedepan tentang wirausaha,” katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Denhanud 474 Kopasgat Pastikan Kesiapan Penanggulangan Bencana

Sleman
| Minggu, 27 November 2022, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement