PDIP Panggil Kader yang Deklarasi Dukung Ganjar Capres 2024

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. - Istimewa
16 Oktober 2021 07:57 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Bidang Kehormatan Komaruddin Watubun memanggil kader partai yang mendeklarasikan sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024.

Kader PDIP yang dipanggil karena mendeklarasikan sukarelawan pendukung Ganjar adalah Albertus Sumbogo. Komarudin menyatakan Albertus dipanggil untuk dimintai klarifikasi terkait deklarasi yang dilakukan.

“Kita panggil untuk klarifikasi yang bersangkutan. Namun kita tadi panggil juga beberapa anggota DPR RI yang kurang aktif rapat karena alasan pandemi,” kata Komaruddin dalam keterangan resmi, Jumat (15/10/2021).

Menurutnya, pemanggilan itu dilakukan sebagai bagian dari mekanisme internal partai, karena hasil Kongres Partai mengamanatkan soal calon presiden dan wakil presiden diputuskan sepenuhnya oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Walhasil, semua kader partai sudah diinstruksikan untuk tidak terlibat dalam deklarasi kelompok relawan capres-cawapres.

“DPP Partai dalam rangka menegakkan disiplin Partai akan memanggil anggota dan kader Partai yang melakukan deklarasi capres dan cawapres sebelum pengumuman resmi Partai,” ujarnya.

Lebih lanjut, Komaruddin menyampaikan semua kader dan pengurus partai terikat mutlak dengan keputusan kongres yang menyerahkan mandat penentuan capres-cawapres kepada ketua umum.

Dengan demikian, kader yang kedapatan terlibat dalam deklarasi capres-cawapres sebelum pengumuman akan didisiplinkan.

“Bagi anggota Partai yang tidak sabar dan bertindak diluar koridor mekanisme yang ada, tentu saja disiplin akan ditegakkan,” ungkapnya.

Sumber : JIBI/Bisnis.com