Advertisement

Survei: Instagram Bukan Jadi Media Sosial Favorit Remaja

Akbar Evandio
Selasa, 12 Oktober 2021 - 08:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Survei: Instagram Bukan Jadi Media Sosial Favorit Remaja Logo Instagram - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Menurut survei perusahaan keuangan Piper Sandler, Instagram bukan merupakan media sosial yang digemari remaja. Survei bertajuk Taking Stock With Teens.

Laporan tersebut mencatatkan bahwa remaja sebanyak 35 persen paling menyukai media sosial Snapchat, posisi kedua ada TikTok dengan angka 30 persen. Sedangkan Instagram berada di posisi ketiga dengan raihan persentase 22 persen.

Advertisement

Selanjutnya, Facebook dan Twitter justru  berada di posisi terakhir dengan angka yang terpaut sangat jauh, di mana masing-masing mencatatkan persentase di 2 persen untuk remaja yang menjadikan kedua platform ini sebagai favorit mereka. Penyebabnya, Facebook dinilai lebih diadopsi oleh orang tua

Dikutip melalui Gizmodo, analis menilai Twitter selalu terbuka bagi pengguna yang lebih muda bahkan kurang dari satu dekade banyak pengguna secara aktif berbondong-bondong ke Twitter terutama saat itu tidak ada pengguna yang lebih tua.

Kondisi tersebut membuat mereka merasa bebas untuk memposting hal-hal aneh, bahkan lelucon bodoh seperti meme dan cuitan-cuitan receh lainnya.

Baca juga: Warga Sleman Lapor Polisi karena Lingkungan Rusak Ditambang, Sudah 9 Bulan Tak Ada Tindak Lanjut

Akan tetapi pada tahun-tahun berikutnya Twitter tidak hanya menjadi lebih 'ribut' dan lebih ramai pengguna, melainkan platform ini malah banyak dijadikan sebagai media politik.

Sementara Facebook sebelumnya memang tidak terlalu populer di kalangan remaja, hal ini karena Facebook dinilai sudah terkesan tua sebab platform ini lebih banyak digunakan oleh para orangtua seperti ibu, ayah, bahkan paman pasti bermain Facebook.

Berdasarkan data Statista pada 2020 menemukan sebanyak 71 persen pengguna sosial media di atas usia 56 mengatakan bahwa mereka menggunakan Facebook.

Meskipun Instagram paling banyak diandalkan, tetapi aplikasi besutan Facebook itu bukan favorit remaja. Sebab, hanya 22 persen responden yang mengatakan Instagram merupakan aplikasi favorit mereka. Sementara Snapchat meraup lebih banyak, yakni 35 persen dan menjadi aplikasi terfavorit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dibanding 2019, KPU Sleman Klaim Pemilu 2024 Berjalan Lebih Sukses

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement