Ini 9 Fakta Luar Angkasa, Ada yang Super Menakutkan

Tata Surya - Reuters
11 Oktober 2021 22:27 WIB Jessica Gabriela Soehandoko News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Terdapat beberapa fakta yang bisa saja menakutkan di luar angkasa. Fakta tersebut bisa saja membuat Anda bersyukur bahwa Anda di bumi.

Akhir-akhir ini terdapat beberapa miliarder yang pergi ke luar angkasa dan bahkan dapat menjadi strategi bertahan hidup jangka panjang.

Namun, terdapat beberapa fakta di luar angkasa yang tidak biasa dan bisa saja menakutkan bagi Anda.

Untuk lebih lengkapnya, berikut 9 fakta luar angkasa yang bisa saja menakutkan, yang dilansir dari Lifehacker

1. Tidak dapat kita lihat, namun mampu memiringkan semesta

Ada sesuatu di ruang antara konstelasi Centaurus dan Vela yang menarik kelompok galaksi ke arahnya. Benda misterius ini terlalu jauh untuk kita lihat, tetapi kita dapat mengamati gugusan galaksi bergerak dengan kecepatan luar biasa. Para ilmuwan menduga bahwa hal tersebut bisa sangat besar sehingga pada dasarnya memiringkan alam semesta

2. Angkasa memiliki bau

Astronot yang kembali dari spacewalks melaporkan bau dunia lain yang menempel pada pakaian antariksa mereka. Menurut astronot Thomas Jones, luar angkasa membawa bau ozon yang khas, tajam dan samar seperti bubuk mesiu, belerang.

3. Ada kuburan galaksi 

“Kuburan galaksi” atau nama resminya MACS 2129-1. Tidak ada yang tahu, namun galaksi baru yang terletak 10 miliar tahun cahaya dari Bumi ini berhenti membuat bintang beberapa miliar tahun setelah Big Bang. Sekarang galaksi ini terdiri dari bintang katai merah yang sekarat dan planet ekstrasurya hitam. Ini adalah salah satu dari enam galaksi mati yang ditemukan tahun ini.

4. Ada planet tempat es terbakar

Gliese 436 b adalah planet ekstrasurya seukuran Neptunus yang terletak sekitar 30 tahun cahaya dari Bumi. Gaya gravitasi yang besar telah menekan air planet menjadi Ice-X. Meskipun planet ini sekitar 1000 derajat, Ice-X tidak meleleh.

5. Ada planet tempat hujan kaca

Exoplanet HD 189733b tampak seperti oasis biru yang damai dari jauh, tetapi di permukaan terdapat angin bertiup hingga 5.400 mph, dan hujan kaca cair.

6. Ada (mungkin) hewan mati yang mengorbit bumi

Pada hari-hari awal eksplorasi ruang angkasa, pilot uji non-manusia diluncurkan ke luar angkasa secara teratur. Terkadang beberapa anjing simpanse, tikus, kucing, katak, dan hewan lainnya kembali dengan selamat. Beberapa meninggal saat masuk kembali atau mendarat. Beberapa juga terbang dan belum pernah ditemukan.

7. Teori "lubang putih"

Sama seperti lubang hitam yang mengocok semua materi dan cahaya menjadi beberapa keberadaan yang tak terbayangkan atau non-eksistensi. Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa lubang putih juga ada. Secara teoritis, mereka adalah bayangan cermin dari lubang hitam, yakni wilayah ruang-waktu di mana tidak ada yang bisa masuk dan segala sesuatu atau apa pun bisa keluar. Para ilmuwan berpikir bahwa lubang putih menciptakan seluruh alam semesta dengan mengeluarkan semuanya sekaligus, dan mungkin Big Bang adalah lubang putih.

8. Luar angkasa telah menyerang bumi dan bisa menyerang kembali

Badai geomagnetik terjadi di Bumi pada tahun 1859 ketika lontaran massa korona dari matahari menghantam planet kita. Terdapat aurora berwarna-warni yang lebih terang dari bulan dan berbagai mesin telegraf gagal dan beberapa terbakar. Jika peristiwa serupa terjadi sekarang seluruh jaringan listrik dan komunikasi kita dapat padam dalam sekejap.

9. Menjadi astronot bisa menjadi hal yang buruk

Menjadi astronot bisa saja menakutkan. Kulit di kaki Anda akan mengelupas, kotoran mengambang kecuali jika Anda memakai popok ruang angkasa, radiasi kosmik yang dapat menyebabkan sejumlah masalah Kesehatan, dan rasa kebosanan serta keterasingan.

Sumber : Bisnis.com