Pelaku UMKM Terharu saat Produknya Diborong Sandiaga

Sandiaga Uno saat mengunjungi salah satu stan UMKM di Desa Wisata Tebing Breksi. - Ist.
10 Oktober 2021 06:57 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tebing Breksi, Prambanan, Sleman mengaku terharu karaena barang dagangannya diborong oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Sandi mendorong pelaku UMKM di sektor wisata agar terus berinovasi menghasilkan produk yang berkualitas. 

“Inovasi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas produk dan inovasi juga membuat produk tidak ketinggalam jaman,” kata Sandi dalam kunjungannya du Desa Wisata Tebing Breksi, Jumat (8/10/2021).

Sejumlah pelaku UMKM dari kalangan kelompok tani di Desa Wisata Tebing Breksi memproduksi makanan olahan dari berbagai jenis sayuran. Mulai dari olahan sayur mayur seperti singkong, pare, oyong, seledri, kemangi, wortel, terong hingga jamur.

“Proses pembuatannya bisa melibatkan seluruh masyarakat mulai dari bertanam sayuran hingga menjadi produk cemilan keripik sehat, sehingga ada pemberdayaan karena melibatkan banyak masyarakat,” kata Aan, salah satu pelaku UMKM dari Kelompok Tani Desa Wisata Dewi Sambi, Breksi.

Aan mengaku selama pandemi Covid-19 penjualan produknya menurun lebih dari 50%, dari awalnya terjual 500 kilogram per bulan, saat ini hanya laku sekitar 200 kilogram saja. Ia terus melakukan promosi menggunakan media sosial. Dalam kunjungan itu Aan tampak terharu karena semua barang dagangannya diborong oleh Sandiaga sehingga langsung habis.

“Karena selama pandemi penjualan menurun, kami bersyukur barang dagangan bisa langsung habis diborong, berharap program Kemenparekraf lewat Pak Sandiaga ini terus berjalan karena bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Sandi secara spontan langsung mempromosikan dagangan keripik sayur para kelompok tani tersebut melalu akun Instagram miliknya. "Ini saya bantu promosikan ya, saya tag IG kelompok taninya," katanya.