Simak! 10 Stasiun Kereta Api Paling Menarik di Dunia, Siapa Arsitekturnya?

Stasiun kereta api di Mumbai, India - Bloomberg
08 Oktober 2021 02:27 WIB Aliftya Amarilisya News Share :

Harianjogja.com, SOLO - Selain pesawat, kereta api menjadi salah satu moda transportasi yang banyak dipilih oleh para traveler.

Harga tiket yang relatif terjangkau, ditambah dengan fasilitas dan kenyamanan yang ditawarkan menjadi beberapa faktor yang mendasarinya.

Namun demikian, ada pula yang memilih moda transportasi ini karena ingin menjelajahi stasiun tempatnya berangkat atau tiba.

Berkaitan dengan itu, dikutip dari Times of India, berikut sejumlah stasiun kereta api di dunia yang memiliki arsitektur menarik.

1. Stasiun Chhatrapati Shivaji, Mumbai, India

Stasiun yang mana juga merupakan monumen bersejarah ini memiliki arsitektur yang unik. Ia menggabungkan elemen tradisional India dan gaya Gotik Victoria. Tak heran, stasiun ini pun menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi di Mumbai.

BACA JUGA : Stasiun Tugu Bagian Memori Rindu di Jogja

2. Terminal Grand Central, New York, Amerika Serikat

Anda mungkin tak asing lagi dengan stasiun yang satu ini. Wajar saja, sebab banyak film Hollywood yang menjadikan Terminal Grand Central ini sebagai latar syuting. Diketahui, bangunan stasiun ini dibangun pada abad ke-20. Langit-langitnya yang berkubah dan berpadu dengan warna kuning keemasan dan hijau sukses mencuri perhatian setiap pengunjung yang datang.

3. Stasiun Internasional St. Pancras, London, Inggris Raya

Stasiun kereta api yang dibuka pada 1868 ini memiliki arsitektur khas era Victoria. Keberadaannya sering dianggap sebuah "keajaiban" karena begitu memukau.

4. Stasiun Ramses, Kairo, Mesir

Stasiun ini merupakan bagian dari keajaiban arsitektur Mesir. Ia dinamai Stasiun Ramses karena di dalamnya terdapat patung Firaun Ramses II yang berdiri pada 1950-an.

5. Stasiun Kuala Lumpur, Kuala Lumpur, Malaysia

Stasiun ini memadukan gaya arsitektur kolonial dan lokal. Oleh karenanya, ia pun terlihat megah dan memukau. Adanya kubah kaca dan besi di sisi kanan-kirinya pun membuat bangunan ini tampak seperti bangunan khas Victoria.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia