Puan Maharani Dukung Peluncuran Aplikasi UMKM Presisi

Peluncuran aplikasi UMKM Presisi di lingkungan Polda DIY. - Ist.
26 September 2021 04:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan bahwa mendukung upaya akselerasi transformasi digital bagi pelaku UMKM di Tanah Air sama dengan membantu tulang punggung perekonomian bangsa Republik Indonesia.

"Membantu UMKM artinya membantu tulang punggung ekonomi Indonesia. Salah satunya adalah sudah benar dengan membantu UMKM kita melakukan transformasi digital," kata Puan Maharani, Jumat.

Digitalisasi pemasaran untuk UMKM akan membantu perekonomian masyarakat, khususnya di era pandemi COVID-19, yang akhirnya berkontribusi untuk perekonomian nasional.

Puan mengatakan, UMKM Indonesia jika dilihat ukuran masing-masing individunya kecil, tetapi kalau dipadukan akan jelas terlihat sekali besarnya kontribusi UMKM kepada ekonomi Indonesia.

Transformasi digital untuk UMKM Presisi adalah program yang diinisiasi alumni Akabri Tahun 1996 dalam rangka memperingati 25 tahun masa pengabdian para alumninya. Melalui program Transformasi Digital UMKM Presisi, alumni Akabri 1996 memfasilitasi para pelaku UMKM untuk menggunakan aplikasi agar usahanya terintegrasi dengan berbagai e-commerce besar.

Ketua DPR menilai, program yang dipelopori alumnus Akabri 1996 itu bisa menjawab terbatasnya literasi digital yang menjadi kendala pelaku UMKM selama ini. Sementara transformasi digital merupakan kebutuhan mutlak yang harus dikuasai pelaku UMKM agar mampu bertahan serta tumbuh dan berkembang.

Ketua Panitia Kombes Pol. Budhi Herdi Susianto menjelaskan acara menuju pengabdian 25 tahun ini juga dilakuakn vaksinasi di seluruh indonesia dan bansos di seluruh Indonesia dan bahkan luar negeri. Kegiatan vaksinasi di seluruh indonesia 91.000 di beberapa daerah, kegiatan bansos sebanyak 32.926.

"Kami Akabri Angkatan 1996/Bharatasena menitik beratkan jumlah ekonomi nasional mengajak UMKM dan menggandeng pemasaran secara digital, sehingga tetap bisa bertahan dan berkembang," ujarnya.

Ia ingin ikut serta dalam meningkatkan UMKM dengan cara transformasi digital. Ia berharap semua pihak mendukung program tersebut dalam memasarkan aplikasi digital dana harapannya dapat mensejahterakan masyarakat.

"Apa yang kami lakukan masih jauh dari kekurangan, untuk itu kami membangun aplikasi UMKM presisi dan melakukan pelatihan dan pendampingan secara langsung," katanya.

Sumber : Antara