Kemenkes: Pelancong dari Arab Saudi dan Malaysia Paling Banyak Bawa Covid-19 ke RI

Virus corona varian beta
10 September 2021 18:37 WIB Jaffry Prabu Prakoso News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat para pelaku perjalanan dari Arab Saudi dan Malaysia ke Indonesia membawa kasus positif Covid-19 tertinggi dalam sebulan terakhir. Padahal, di negara asal sebelum berangkat, mereka terkonfirmasi negatif.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi mengatakan bahwa selama bulan Agustus, 4,5 pesen pelaku perjalanan internasional terkonfirmasi positif dari jumlah kedatangan 36.722 orang.

BACA JUGA: Ini Daftar 11 Situs Streaming Online Terpercaya 

“Kami fokus pada lima negara kedatangan yang catatan positif Covid-19 tinggi pada saat masuk ke Indonesia. Kelima negara itu adalah Arab Saudi (15 persen), Malaysia (8 persen), Uni Emirat Arab (3 persen), Korea Selatan (2 persen), dan Jepang (2 persen),” katanya pada konferensi pers virtual, Jumat (10/9/2021).

Nadia menjelaskan, bahwa pada periode 1 hingga 6 September, 2 persen pelaku perjalanan internasional terkonfirmasi positif dari total 7.179 orang. Tertinggi adalah Arab Saudi 7 persen, Malaysia 7 persen, Turki 3 persen, Uni Emirat Arab 2 persen, dan Singapura 2 persen.

Mereka yang yang positif, tambah Nadia, merupakan warga negara tersebut atau Indonesia.

Oleh karena itu, pintu masuk kedatangan luar negeri seperti bandara dan pelabuhan harus diperketat proses pengawasannya.

“Dukungan pemerintah daerah sangat dibutuhkan untuk menjaga mobilisasi pintu masuk ke Indonesia. Ini tentu demi melindungi masyarakat kita tidak terpapar varian baru yang kita tahu lebih cepat penyebarannya,” jelasnya.

Sumber : Bisnis.com