Tol Pemalang–Batang Beroperasi Penuh, Perjalanan dari Jakarta ke Jawa Tengah Lebih Singkat

Ilustrasi gerbang tol Pemalang - Dok. PT Pemalang Batang Toll Road
13 Agustus 2021 15:27 WIB Lili Sunardi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Tol Pemalang–Batang sepanjang 39,2 kilometer beroperasi penuh dan diklaim menjadi opsi terbaik bagi pengguna jalan dari Jakarta ke Jawa Tengah dibandingkan dengan moda transportasi lainnya.

Supriyono, Direktur Utama PT Pemalang Batang Toll Road (PBTR), mengatakan bahwa Tol Pemalang–Batang memiliki peran signifikan dalam terintegrasinya Jalur Pantura. Keberadaan ruas tol itu pun bisa menjadi alternatif pengguna jalan yang ingin memangkas waktu tempuh dari Jakarta menuju Jawa Tengah.

“Ruas tol Pemalang–Batang ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan konektivitas antarwilayah dan mempersingkat waktu tempuh perjalanan. Ruas tol ini adalah opsi yang baik dibandingkan dengan moda transportasi lainnya bagi pelaku perjalanan dari Jakarta menuju Jawa Tengah,” katanya dikutip Jumat (13/8/2021).

Menurutnya, keberadaan ruas tol Pemalang–Batang juga berpotensi mengangkat perekonomian penduduk sekitar, karena pihaknya mengutamakan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di setiap rest area.

“Dalam membangun rest area, kami mengutamakan pemberdayaan UMKM sekitar. Kami berharap ruas tol ini dapat menjadi wadah bagi UMKM sekitar untuk mengembangkan usahanya, sehingga dapat meningkatkan perekonomian di wilayah Pemalang hingga Batang,” ujarnya.

Selain itu, Supriyono juga memastikan komitmennya untuk menjaga kualitas pengelolaan ruas tol sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah ditetapkan oleh regulator jalan tol.

Pemenuhan SPM ini dilakukan agar kenyamanan, keselamatan, dan keamanan pengguna ruas tol Pemalang–Batang selalu terjaga.

Kegiatan pemenuhan SPM yang sudah dilakukan, antara lain monitoring kondisi jalan tol secara berkala, melakukan perbaikan jalanan yang berlubang atau retak, serta memotong rumput di sekitar ruas tol untuk menjaga kerapihan dan keindahan ruas.

Sumber : JIBI/Bisnis.com