Satgas Minta Masyarakat Indonesia Bersiap Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. - Antara
11 Agustus 2021 17:47 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengimbau masyarakat siap beradaptasi dengan pandemi Covid-19 dalam waktu lama.

"Sebagaimana arahan Presiden, kita harus bersiap untuk adaptasi dengan situasi karena Covid-19 ini berpeluang hidup dengan kita dengan waktu yang tidak sebentar,” kata Wiku dalam konferensi pers dikutip dari YouTube Setpres, Selasa (10/8/2021).

Menurutnya, penyiapan strategi jangka panjang untuk menghadapi pandemi tidak hanya dilakukan Indonesia tetapi juga negara-negara lain di dunia.

Bahkan, sambung Wiku, organisasi internasional seperti World Bank dan WHO juga tengah menyiapkan panduan dari sisi kesehatan dan ekonomi selama hidup bersama Covid-19.

"Ke depannya pemerintah akan senantiasa memantau kondisi Covid-19 secara aktual demi mengambil kebijakan yang tepat baik dalam penanganan kesehatan maupun pemulihan ekonomi," ujarnya.

Wiku melanjutkan, upaya terbaik yang bisa dilakukan saat ini adalah dengan memaksimalkan berbagai pengendalian penyebaran virus secara paralel dengan maksimal.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga mengimbau masyarakat untuk terus membudayakan memakai masker dalam keseharian.

“Kami imbau supaya seluruh masyarakat untuk membudayakan dalam memakai masker karena kita mungkin akan hidup bertahun-tahun ke depan dengan masker ini karena masker menjadi salah satu alat disamping vaksin dalam mencegah varian Delta,” kata Luhut dalam keterangan Pers, Senin (9/8/2021).

Sumber : JIBI/Bisnis.com