Advertisement

Setelah Delta, Jokowi Ingatkan Kemungkinan Varian Baru Covid-19

Rayful Mudassir
Minggu, 25 Juli 2021 - 23:37 WIB
Bhekti Suryani
Setelah Delta, Jokowi Ingatkan Kemungkinan Varian Baru Covid-19 Presiden Joko Widodo membuka Pesta Kesenian Bali ke-43, secara virtual, Sabtu (12/06 - 2021) / Youtube Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengingatkan kemungkinan akan ada varian baru Covid-19 yang melanda dunia. 

Dia meminta masyarakat untuk tetap waspada meski pemerintah mulai melonggarkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4. 

Advertisement

"Kita harus selalu waspada, ada kemungkinan dunia akan menghadapi varian lain yang lebih menular," katanya, Minggu (25/7/2021). 

Presiden resmi memperpanjang PPKM Level 4 pada 26 Juli sampai 2 Agustus 2021. Sebelumnya PPKM Level 4 telah dimulai sejak 21 Juli. Sebelumnya, Jokowi juga menerapkan PPKM Darurat 3 - 20 Juli. 

Dalam keterangannya, Jokowi meminta para menteri melakukan langkah maksimal untuk memastikan vitamin dan suplemen kepada masyarakat tersedia. 

“Memberikan dukungan obat-obatan dan konsultasi dokter terhadap pasien isolasi mandiri serta dukungan pengobatan di rumah sakit,” katanya. 

Dia menekankan agar angka kematian ditekan semaksimal mungkin. Bagi daerah dengan kasus kematian tinggi juga diminta meningkatkan kapasitas rumah sakit isolasi terpusat serta ketersediaan oksigen. 

Menurutnya, potensi varian baru mesti disikapi dengan peningkatan testing, tracing dan treatment. Upaya itu diperlukan untuk menekan laju penularan dan meningkatkan angka kesembuhan. 

Selain itu, penerapan protokol kesehatan ketat juga penting dengan tetap memperhatikan 3T yang akan menjadi pilar utama penanganan Covid-19. 

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu dan bahu membahu melawan Covid-19 ini. Dengan usaha keras kita bersama Insya Allah kita bisa segera terbebas dari Covid-19 dan kegiatan sosial ekonomi masyarakat bisa kembali normal,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement