Jokowi Minta Anggaran UMKM Segera Dicairkan karena Rakyat Butuh

Presiden Jokowi seusai berolahraga di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (13/12/2020). - ANTARA/Biro Pers Setpres
20 Juli 2021 09:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti realisasi anggaran UMKM di daerah yang sangat kecil. Padahal kata Jokowi, anggaran UMKM sangat dinanti oleh masyarakat yang membutuhkan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberi arahan kepada kepala daerah se-Indonesia melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (19/7/2021).

Di hadapan seluruh kepala daerah, Jokowi menyampaikan anggaran UMKM yang digelontorkan oleh pemerintah pusat mencapai Rp13,3 triliun, tetapi realisasinya baru terserap Rp2,3 triliun.

Jokowi pun langsung meminta kepada seluruh kepala daerah untuk segera mengeluarkan anggaran UMKM tersebut.

"Padahal kita sekarang ini butuh sekali. Rakyat butuh sekali. Rakyat menunggu. Sehingga saya minta ini [anggaran] agar segera dikeluarkan."

"Perlindungan sosial ada anggaran di catatan saya Rp12,1 triliun. Realisasi juga baru Rp2,3 triliun. Belum ada 20 persen semuanya. Padahal rakyat menunggu ini," kata Jokowi.

Hal serupa juga terjadi pada anggaran Dana Desa di mana jumlah totalnya mencapai Rp72 triliun.

Dari jumlah tersebut, sebanyak Rp28 triliun dipergunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa. Namun realisasi yang disalurkan baru mencapai Rp5,6 triliun atau kurang dari 25 persennya.

"Ini yang saya minta semuanya dipercepat. Sekali lagi, dengan kondisi seperti ini, percepatan anggaran sangat dinanti oleh masyarakat," tandasnya.

Sumber : suara.com