Varian Baru Mengancam, Luhut Minta Pasokan Oksigen Tambahan Disiapkan

Foto ilustrasi - Antara/Rahmad
19 Juli 2021 18:17 WIB Nindya Aldila News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengingatkan jajaran menteri lainnya untuk segera menyiapkan kebutuhan oksigen tambahan untuk menghadapi ancaman varian Covid-19 yang lebih berbahaya.

Hal tersebut disampaikan dalam peresmian RS Pertamina Jaya Ektensi Arafah Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur pada Senin (19/7/2021) yang juga dihadiri oleh Menteri BUMN, Menteri Kesehatan, dan Menteri Agama.

Dia mengatakan tambahan pasokan oksigen dibutuhkan lantaran negara-negara lain juga sudah mulai memburu alat-alat tersebut setelah menyebarnya varian Delta, seperti di Myanmar, Thailan, filipina dna malaysia

"Oksigen konsetrator, oksigen generator, dan mobile hospital diharapkan dapat dipercapat. Negara Uni Eropa dan Amerika Serikat sudah mulai antre untuk membeli alat tersebut," katanya dalam konferensi pers virtual.

Apalagi, baru saja Komite darurat Organisasi Kesehatan Dunia memperingatkan bahwa varian baru Covid-19 diperkirakan akan menyebar ke seluruh dunia.

"Kita tidak bisa habiskan waktu berdebat di sana sini, tetapi yang penting kita bekerja untuk menghadapi kemungkinan yang terburuk di depan ini," tambahnya.

Dalam acara tersebut, pemerintah mengumumkan perluasan Rumah Sakit Pertamina Jaya dengan memanfaatkan Asrama Haji Pondok Gede dengan menambah 900 tempat tidur dan 145 tempat tidur di ICU dengan kelengkapan alat medis yang cukup baik.

"Saya yakin rumah sakit ekstensi yang di bangun ini akan sangat bermanfaat untuk perawatan pasien Covid-19 dan juga untuk menghadapi ancaman jika terjadi mutasi baru dari Covid-19," katanya.

Sumber : JIBI/Bisnis.com