Advertisement

Viral Tabungan Studi & Pernikahan di Rekening Jenius Lenyap

Anggara Pernando
Senin, 19 Juli 2021 - 16:27 WIB
Budi Cahyana
Viral Tabungan Studi & Pernikahan di Rekening Jenius Lenyap lustrasi nasabah menggunakan aplikasi Jenius, bank digital milik BTPN. - JIBI/Bisnis/Feni Freycinetia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kabar pembobolan rekening Jenius BTPN sebesar Rp110 juta ramai di Twitter. 

Akun @theresiaavila menceritakan uang tabungan studi dan rencana pernikahannya lenyap dari rekening Jenius yang dimiliki. 

Advertisement

Kabar dari Riri ini hingga Senin(19/7/2021) pukul 13.26 WIB telah disukai 16.400 oleh pengguna Twitter, di retweet 6.550 orang dan dilakukan tweet kutipan oleh 923 akun. 

Kejadian bermula dari Riri menerima telepon dari pihak orang mengatasnamakan Jenius Connect pada 14 Juli 2021. Si penelepon mengarahkan agar Riri mengganti kartu debit. 

Mengaku tidak curiga, Riri kemudian mengisi link yang disampaikan si penelepon. Dia juga diberi tahu adanya kenaikan limit tarik tunai. 

"Gue mulai curiga waktu mas-mas ini nanya gue punya akun rekening apa aja selain @JeniusConnect dan bank A. Ybs menjelaskan bahwa bank A ini terintegrasi dengan akun @JeniusConnect. Jadi dia [penelepon] juga tau data bank lain lagi yang gue gunakan selain Jenius. Ini yang jangan sampai dilakukan," ulasnya lebih lanjut.

Dia menolak memberi info bank yang terkait rekening Jenius. Curiga akan pertanyaan dari penelepon, Riri menyebutkan mencoba login ke aplikasi akan tetapi rekeningnya ter log-out. 

Dia kemudian menghubungi CS Jenius dan mendapat penjelasan tentang butuh proses pemblokiran lebih dari 15 menit. Akibat rekening sudah diblokir, dia tidak dapat memeriksa sisa saldo tabungannya. 

CS mengarahkan Riri ke kantor BTPN terdekat yang baru dapat dilakukan pada keesokan harinya. Benar saja, rekeningnya tinggal Rp1. 

Dia menyebutkan rekening aktifnya dengan keadaan saldo Rp100.000 akan tetapi rekeningnya terhubung dengan deposito yang mencapai Rp110 juta. 

"Gue ga mendapatkan notifikasi sama sekali atas pencairan deposito gue tsb. FYI waktu awal gue ditelpon 16.53 WIB dan dana gue terkuras habis 17.14 WIB. @JeniusConnect," ulasnya lebih lanjut. 

Dia juga menyampaikan telah melaporkan kejadian itu. Jenius berdasarkan SLA-nya akan memberikan keputusan dalam 20 hari ke depan. Akan tetapi waktu ini dapat diperpanjang seusia dengan kebutuhan pemeriksaan. 

Jenius Help memberikan pernyataan meminta nasabah untuk berhati-hari atas penipuan yang mengatasnamakan Jenius. 

"Pastikan kamu mendapatkan informasi resmi melalui jenius.com, Jenius Help 1500365, [email protected], dan media sosial resmi Jenius yang bercentang biru," tulis CS Jenius Help dengan kode RZA. 

Sementara itu, akun CS atas nama Yuma menyarankan pengguna Jenius untuk berhati-hati terhadap akun penipu yang mengatasnamakan Jenius. 

"Halo Kak, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kakak hubungi Jenius Help Live Chat Whatsapps," ulasnya lebih lanjut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement