Advertisement

Perlukah Pasien Covid-19 Bergejala Ringan Minum Obat Antivirus?

Newswire
Jum'at, 16 Juli 2021 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Perlukah Pasien Covid-19 Bergejala Ringan Minum Obat Antivirus? Obat Covifor (Remdesivir/Dok. PPG

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Saat ini sebagian pasien Covid-19 mengalami gejala ringan. Namun banyak yang belum tahu bagaimana tata laksana pengobatan pasien bergejala ringan.

Banyak orang yang masih bingung dengan penggunaan antivirus dalam pengobatan Covid-19, khususnya mereka para pasien Covid-19 gejala ringan atau tanpa gejala. Apakah obat antivirus boleh diminum atau tidak?

Advertisement

Menjawab kegelisahan tersebut, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Paru, dr Raden Rara Diah Handayani, SpPD-KP menerangkan, untuk pasien tanpa gejala, dipanduan Badan Kesehatan Dunia (WHO) pasien tidak diberikan antivirus.

"Namun, pada panduan lain, obat antivirus bisa diberikan pada pasien Covid-19 sejak awal terkonfirmasi pada semua derajat kasus, baik itu tanpa gejala, ringan, sedang," paparnya di webinar D'RoSSI Open Lecture #10 'Bersikap Tenang di Puncak Pandemi', Jumat (16/7/2021).

Tapi, kata Dokter Diah, ada masalah utama yang mesti diperhatikan juga oleh masyarakat bahwa ketersediaan obat antivirus menjadi pertimbangan dokter memberikan obat antivirus ke pasien Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan.

BACA JUGA: Hari Ini 65 Warga DIY Dilaporkan Meninggal karena Covid-19

Salah satu kasusnya ada pada obat remdesivir. Obat ini masuk dalam panduan WHO yang diberikan ke pasien Covid-19 derajat ringan hingga sedang, tetapi remdesivir sediaan intravena jadi tidak bisa diberikan pada derajat ringan sedang yang tidak dirawat.

Lebih lanjut, hasil penelitian menunjukan pemberian remdesivir itu pada kondisi awal, ringan, sedang, tapi tidak pada derajat berat.

"Terlepas dari itu semua, hal yang perlu diperhatikan adalah efek samping antivirus itu sendiri, sehingga perlu hati-hati pada orang dengan komorbid yang dapat diperberat dengan efek samping antivirus," terang Dokter Diah.

"Jadi, minum atau tidak minum antivirus, itu harus dengan resep dokter setelah diperiksa lengkap," sarannya menambahkan.

Artikel ini telah tayang di Okezone.com berjudul "Pasien Covid-19 Gejala Ringan Perlu Minum Antivirus?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Baliho Menjamur di Jalanan Sleman, Lurah Banyurejo Siap Maju di Pilkada 2024

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement