Ini Daftar Obat Covid-19 Gratis yang Diberikan Kemenkes & Link-nya

Tampilan situs telemedicine Halodoc, yang menyediakan layanan konsultasi dan pemberian obat gratis bagi pasien terkonfirmasi Covid-19. - Halodoc.com
06 Juli 2021 15:47 WIB Rika Anggraeni News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan obat gratis untuk membantu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang tidak bergejala dan bergejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memahami bahwa pasien positif Covid-19 yang sedang melakukan isoman membutuhkan konsultasi, ketenangan, diperhatikan, dan menerima pengobatan yang benar.

“Maka kita bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan juga jasa pengiriman obat secara gratis. Obat-obatan dibantu dan ditanggung oleh teman-teman telemedicine, startup, dan juga Kementerian Kesehatan,” kata Menkes Budi saat Konferensi Pers secara virtual, Senin (5/7/2021).

Menkes Budi mengatakan terdapat satu paket obat yang bisa didapatkan pasien positif Covid-19 ketika sudah berkonsultasi melalui layanan telemedicine. Obat tersebut dapat membantu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang tidak bergejala dan bergejala ringan

Berikut daftar paket obat gratis untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dari Kemenkes yang disalurkan layanan Telemedicine daring:

1. Multivitamin (C, B, E, dan Zinc); 1x1 sebanyak 10 butir
2. Azitromicin 500mg; 1x1 sebanyak 5 butir
3. Oseltamivir 75mg; 2x1 sebanyak 14 butir
4. Parasetamol tab 500mg; dengan takaran dosisi sesuai keperluan sebanyak 10 butir.

Namun, pasien tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter di telemedicine. Jika sudah diizinkan oleh pihak dokter, pasien akan mendapatkan kiriman paket obat atau vitamin. Paket tersebut akan diantar ke rumah pasien secara gratis dengan resep yang telah dianjurkan dokter mengikuti kondisi pasien.

“Paket-paket ini juga diintegrasikan dengan lab-lab PCR. Kalau teman-teman ingin melakukan uji PCR bisa dilakukan lewat telemedicine ini. Kalau positif bisa langsung diteruskan,” jelas Menkes Budi.

Dengan adanya layanan ini, rumah sakit bisa melakukan skrining awal untuk pasien dengan gejala sedang termasuk pemberian paket obat melalui fasilitas pelayanan kefarmasian yang ditunjuk oleh Kemenkes.

Ini link 11 aplikasi telemedicine yang dapat memberikan layanan konsultasi dan obat gratis:

1. Alodokter https://bit.ly/alodokter-isoman

2. GetWell https://play.google.com/store/apps/details?id=id.paquesid.getwell

3. Good Doctor https://gooddoctor.onelink.me/

4. Halodoc https://www.halodoc.com/tanya-dokter?utm_source=HD_05_KEMENKES_KEMENKES&utm_medium=social_social&utm_campaign=KEMENKES_ISOMAN_PROGRAM

5. KlikDokter http://bit.ly/kd-kemenkes-isoman

6. KlinikGo http://klinikgo.com/isoman

7. Link Sehat https://link.linksehat.com/mRMf

8. Milvik Dokter http://milvik.id/about-us/

9. ProSehat https://prosehat.com/wa

10. SehatQ https://sehatqapp.onelink.me/

11. YesDok https://bit.ly/ISOMAN-YesDok

Sumber : JIBI/Bisnis.com