Advertisement

Serupa dengan Delta, Varian Kappa Terdeteksi di Sumsel

Dinda Wulandari
Selasa, 06 Juli 2021 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Serupa dengan Delta, Varian Kappa Terdeteksi di Sumsel Virus Corona mengalami mutasi beberapa kali. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, PALEMBANG – Dinas Kesehatan Sumatra Selatan mengkonfirmasi bahwa virus Covid-19 varian Kappa telah terdeteksi ada di provinsi tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Selatan Lesty Nurainy mengatakan deteksi terhadap varian barru dari Covid-19 itu berdasarkan sampel Covid-19 milik warga Sumsel ke Kementerian Kesehatan.

Advertisement

“Virus Covid-19 varian Kappa sudah masuk ke Sumsel. Kita kan selalu random kirim sampel Covid-19 ke pusat, dan ternyata ada di antaranya yang terdeteksi virus Kappa ini,” kata dia, Senin (5/7/2021).

Namun demikian, terkait dengan data warga yang terpapar virus tersebut, pihaknya masih melakukan pendalaman. Sebab, sampai saat ini masih dilakukan cross check terhadap mereka yang dideteksi terpapar virus Kappa tersebut.

Baca juga: Covid-19 DIY Tambah 1.465 Kasus, 32 Orang Meninggal Dunia

Menurut Lesty, virus itu hampir serupa dengan virus varian Delta. “Sama saja, lebih cepat menyebar jika ada yang terpapar virus Kappa ini,” kata Lesty.

Dia menjelaskan, paparan virus tentu akan cepat menyebar, apalagi jika seseorang yang terpapar virus Covid-19 melakukan mobilitas. 

“Namanya virus, jika sudah ada di Indonesia tentu akan cepat menyebar di daerah-daerah. Inilah fungsinya kita mengurangi mobilitas,” kata dia.

Selain itu, Lesty juga meminta kepada masyarakat untuk tetap ketat menjaga protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. 

“Karena dengan menjaga prokes itu adalah solusi serta kunci. Prokes harus diperketat. Masyarakat harus patuh agar penyebaran virus Covid varian apapun tidak meluas,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Kamis 25 April 2024: Hujan Lebat Sleman dan Gunungkidul

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement