Jokowi Tetapkan PPKM Darurat, Menko Luhut Langsung Rapat soal Bansos

Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan. - Ist/dok Penhumas Akmil
01 Juli 2021 16:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Namun Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan langsung mengambil tindakan seusai Pemerintah resmi menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Selama PPKM Darurat ini, banyak kegiatan yang dibatasi. Termasuk juga dengan kegiatan ekonomi dan berbisnis yang terbatas, sehingga berimbas pada pendapatan masyarakat yang berkurang. Dengan begitu, pendapatan masyarakat bisa dibilang kurang untuk kebutuhan sehari-hari

Luhut memastikan pemerintah akan menggulirkan kembali bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat kelah bawah. "Jadi jangan sampai rakyat ini menderita berkelanjutan, oleh karena itu tadi kami sudah rapat mengenai bansos," ujar Luhut dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (1/7/2021).

Baca juga: Di DKI Jakarta, Anak 12 Tahun ke Atas Sudah Bisa Divaksin Covid-19

Menurut Luhut, lonjakan kasus Covid-19 ini yang terjadi pada Bulan Juni tidak masuk prediksi pemerintah.

Sehingga, untuk meringankan masyarakat kelas bawah pemerintah bakal memberikan kembali Bansos.

"Jujur kita juga tidak pernah memprediksi setelah Juni tahun ini, keadaan ini terjadi lonjakan lagi, karena inilah yang kita ketahui baru. Jadi banyak ketidaktahuan kita terhadap covid ini, ternyata setelah bulan Juni ini kenaikannya luar biasa," jelas Luhut.

Baca juga: Pelaku Perjalanan Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin Covid Selama PPKM Darurat

Mantan Menkopolhukam ini telah berkoordinasi dengan para menteri terkait dengan penyaluran Bansos pada masa PPKM darurat.

"Jadi tadi Bu Risma, Bu Menkeu, Gubernur BI, dan juga beberapa teman-teman lainnya, kami telah bertemu dan kami telah sepakat untuk ini semua kita bantu lagi," pungkas Luhut.

Sumber : Suara.com