Luhut Jadi Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. - Antara
30 Juni 2021 06:47 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjadi Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali.

Pernyataan itu disampaikan Juru Bicara Menkomarves Jodi Mahardika kepada awak media, Selasa (29/6/2021) malam.

“Betul, Menko Maritim dan Investasi telah ditunjuk oleh Bapak Presiden Jokowi sebagai Koordinator PPKM Darurat untuk Pulau Jawa dan Bali,” kata Jodi.

Dia menuturkan bahwa hingga kini pemerintah masih menyusun formulasi tindakan pengetatan yang akan diambil. Jodi menyebut bahwa pengumuman resmi akan disampaikan segera.

Selain itu, dia menyinggung soal operasional di pusat perbelanjaan seperti mal dan supermarket hingga sektor esensial lainnya.

Menurut Jodi, sektor tersebut akan beroperasi dengan jam operasional yang akan dipersingkat serta penerapan protokol kesehatan secara ketat.

“Dimohon agar tidak panik dengan adanya berita yg beredar di grup Whatssapp,” ujarnya.

Dia juga meminta semua pihak tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat serta mengikuti vaksinasi yang ditawarkan oleh pemerintah.

Diberitakan sebelumnya bahwa Pemerintah dikabarkan akan menarik rem darurat dengan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Hal itu dilakukan karena kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Rencana PPKM Darurat ini dibahas dalam rapat terbatas di istana yang dipimpin Presiden Jokowi, Selasa (29/6).

PPKM Darurat akan berlaku di zona merah, salah satunya di Provinsi DKI Jakarta. Kebijakan ini rencananya akan diterapkan selama dua pekan ke depan.

Dengan kebijakan ini, restoran - mal akan ditutup penuh dan perkantoran akan diberlakukan work from home (WFH) 100 persen.

Selain itu, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan disebut akan mengambil alih penanganan pandemi Covid-19 di Pulau Jawa dan Bali.

Adapun, untuk wilayah di luar Pulau Jawa dan Bali dikabarkan akan ditangani oleh Menko Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto.

Sumber : JIBI/Bisnis.com