3 Dosen Meninggal Terpapar Covid-19, UNS Solo Lockdown

Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo. - Istimewa
18 Juni 2021 08:27 WIB Suharsih News Share :

Harianjogja.com, SOLO - Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo berduka atas berpulangnya tiga dosen yang terpapar Covid-19, Rabu (16/6/2021).

UNS menutup seluruh kegiatan di kampus (lockdown) dan melaksanakan sistem kerja dari rumah untuk mengantisipasi penularan Covid-19 selama satu pekan ke depan.

Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho menjelaskan, tiga dosen yang meninggal dunia itu masing-masing Antonius Mediyanto, dosen Fakultas Teknik UNS; Didik Sri Wiyono, dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNS. Kemudian, dosen Fakultas Kedokteran UNS M Taufiqurrohman.

BACA JUGA : 17 Pasien Covid-19 di DIY Meninggal Dunia dalam 24 Jam

“[Ketiganya] Sosok yang luar biasa. Pak Didiek sedang menempuh S3 di Inggris dan merupakan Ketua PCINU [Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama] di Inggris. Kami sangat berduka,” katanya kepada Solopos.com, Kamis (17/6/2021).

Jamal mengatakan, M Taufiqurrohman merupakan dokter dan juga dikenal sebagai seorang seniman keroncong.

“Demikian pula Antonius yang kami kenal sebagai dosen yang bagus,” paparnya.

Menurutnya, ada sejumlah civitas akademika UNS sedang perjalanan untuk mendapatkan perawatan di sejumlah rumah sakit (RS).

Ada yang ke RSUD dr Moewardi, RS UNS, dan RS dr Oen. Ada juga yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Jamal menjelaskan, UNS Solo terus melakukan penelusuran kontak tiga dosen yang meninggal positif Covid-19 tersebut. Namun, dia tidak hafal jumlah orang yang tertular Covid-19 di lingkungan UNS.

“Cukup banyak,” ujarnya.

Jamal mengajak seluruh civitas akademika UNS melakukan doa bersama supaya para dosen yang berpulang dimaafkan atas segala kesalahan dan kebaikannya diterima Tuhan Yang Maha Esa. Juga agar semua civitas akademika terbebas dari Covid-19.

BACA JUGA : Bantul Rekor, 6 Pasien Meninggal dalam Sehari

UNS memberlakukan pembatasan seluruh aktivitas di lingkungan kampus mulai Jumat (18/6/2021) sampai Jumat (25/6/2021). Kebijakan tersebut untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

Poin dari surat pemberitahuan pembatasan sementara seluruh aktivitas kampus, antara lain kegiatan belajar mengajar dan seluruh kegiatan kampus dilaksanakan secara daring dari tempat tinggal masing-masing;

Fasilitas umum, seperti sarana olahraga, tempat ibadah, serta sarana dan prasarana umum lainnya di lingkungan kampus UNS ditutup.

Sumber : JIBI/Solopos