Sering Keliru Dongkrak Mobil? Ini Cara Benar dan Tepat

Selain nyaman, kabin bersih menghindarkan diri dari risiko penularan Covid-19. - Auto2000
16 Juni 2021 08:17 WIB Dionisio Damara News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Mendongkrak mobil tidak hanya bertujuan agar mobil terangkat, tetapi tindakan ini juga memerlukan teknik agar tidak membahayakan kondisi mobil.

Mendongkrak kendaraan harus memerhatikan faktor keamanan, baik keamanan mekanik, kendaraan maupun lingkungan. Oleh sebab itu, kegiatan mendongkrak perlu dilakukan dengan prosedur yang benar dan tepat.

Mengutip laman resmi Daihatsu, berikut empat langkah tepat mendongkrak mobil:

1. Cek Kondisi Dongkrak

Langkah pertama adalah mengecek kondisi dongkrak. Anda juga harus tahu jenis dongkrak yang dipunyai supaya paham bagaimana cara menggunakannya.

Pengecekan kondisi dongkrak akan membuat pengemudi tahu dongkrak masih layak pakai atau tidak. Saat dongkrak mengalami beberapa masalah, seperti oli bocor hingga beberapa komponen hilang, berarti dongkrak tersebut tidak lolos kualifikasi untuk digunakan.

Jika tetap menggunakan dongkrak bermasalah, ini akan membahayakan mobil. Bisa saja dongkrak mengalami malfungsi saat digunakan.

2. Cari Permukaan Jalan yang Rata

Jika dalam perjalanan jauh dan tiba-tiba ban mobil kempes atau bahkan pecah, anda perlu menepikan mobil dan mencari permukaan jalan yang rata. Hal ini disebabkan permukaan jalan yang landai bisa berbahaya karena kondisinya tidak seimbang.

3. Mencari Tumpuan Mobil yang Pas

Seperti halnya kondisi jalan datar atau landai, permukaan mobil yang menjadi tumpuan dongkrak mobil juga harus diperhatikan. Sebab, tidak semua permukaan mobil bisa dijadikan tumpuan saat akan mendongkrak mobil.

Anda juga harus pandai-pandai memilih tumpuan mobil yang tepat untuk dilakukan proses dongkrak. Bagian mobil yang bisa digunakan sebagai tumpuan saat untuk proses jacking adalah bodi monocoque dan bodi frame terpisah.

Kedua bagian tersebut akan untuk tumpuan dongkrak karena bodi monokok memiliki struktur rangka yang menyatu dengan bodi mobil lainnya, sehingga ditahan oleh area samping bawah mobil depan dan belakang di bagian lower arm suspension.

4. Cara Mendongkrak Mobil yang Benar

Setelah mobil terparkir di jalan yang datar dan sudah tahu di bagian mana dongkrak bisa menumpukan diri untuk mengangkat mobil, hal yang paling penting adalah kita paham cara mendongkrak dengan baik dan benar.

Ada tiga jenis dongkrak yang biasanya dimiliki oleh pemilik kendaraan pribadi, yaitu dongkrak botol, dongkrak gunting, dan dongkrak buaya. Ketiga dongkrak ini memiliki bentuk yang berbeda dan kemampuan menahan beban dengan berat yang berbeda.

Dongkrak apa pun yang dimiliki, anda harus memompa tuas dengan perlahan hingga mobil terangkat. Ingat, jangan angkat mobil terlalu tinggi, cukup pada keadaan 10 hingga 15 sentimeter saja supaya mobil tetap seimbang.

Sebelum dongkrak ditekan, anda harus melonggarkan seluruh baut pada ban mobil supaya lebih mudah dan cepat melepas ban. Jadi, posisi terangkat mobil tidak terlalu lama.

Sumber : Bisnis Indonesia