5 Provinsi di Jawa Catat Peningkatan Tertinggi Kasus Covid-19

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito - www.covid19.go.id
15 Juni 2021 18:27 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menunjukkan lonjakan tertinggi kasus Covid-19 pada pekan ini atau per 14 Juni 2021 terjadi di lima provinsi yang seluruhnya berada di Jawa.

"Lima provinsi teratas yang mengalami kenaikan kasus seluruhnya berasal dari Pulau Jawa yaitu Provinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, DIY dan Jawa Timur. Bahkan provinsi keenam teratas juga berasal dari pulau Jawa yaitu provinsi Banten, yaitu kenaikan kasus lebih dari 400 hingga 7.000 kasus di minggu ini," kata Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/6/2021).

Menurutnya, peningkatan kasus tersebut terjadi di daerah yang menjadi tujuan mudik seperti Jawa Tengah, DIY, Banten, dan Jawa Barat dengan asal pemudik dari daerah DKI Jakarta.

Adapun, perincian peningkatan kasus di lima provinsi tersebut adalah 7.132 kasus di DKI Jakarta, Jawa Tengah 4.426, Jawa Barat 2.050, dan DIY 973 kasus.

Melihat kondisi yang terus mengkhawatirkan itu, Wiku mengajak masyarakat dan pemerintah daerah untuk lebih berhati-hati dan segera menetapkan strategi pengendalian kasus yang sesuai dengan kondisi dan kapasitas masing-masing daerah.

Secara khusus, dia meminta masyarakat membatasi mobilitas dan menaati protokol kesehatan.

Kendati ada peningkatan kasus di lima provinsi di atas, data Satgas juga menunjukkan ada 22 provinsi yang mengalami penurunan kasus positif mingguan Covid-19 pada pekan ini.

Beberapa provinsi tersebut adalah Kalimantan Selatan, Sumatra Barat, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kep. Bangka Belitung, dan Riau.

Sumber : JIBI/Bisnis.com