150 Orang Didapati Positif Covid-19 dalam Penyekatan di Suramadu

Seorang warga menjalani rapid test antigen di kaki Jembatan Suramadu sisi Kota Surabaya, Selasa (8/6/2021)./Antara - HO/Humas Pemkot Surabaya
12 Juni 2021 21:27 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sedikitnya 150 orang dinyatakan positif mengidap Covid-19 lewat swab antigen dalam penyekatan pintu masuk menuju Kota Surabaya di Jembatan Suramadu, Jawa Timur.

Berdasarkan akun Twitter Dinas Kesehatan Kota Surabaya, 150 orang positif berdasarkan pemeriksaan swab test antigen di Jembatan Suramadu. Operasi ini sudah berlangsung selama tujuh hari.

"Total kumulatif di hari keenam pemeriksaan swab test antigen di pintu masuk Surabaya dari Suramadu di Jumat (11/6/2021) hingga pukul 15.00 WIB capai 150 orang," tulis akun Twitter @sehatsurabayaku, Sabtu (12/6/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya drg. Febria Rachmanita menjelaskan, selama enam hari, sebanyak 16.598 orang telah menjalani swab test antigen di pintu masuk Suramadu.

Dia menyatakan pemeriksaan Covid-19 akan terus dilakukan hingga situasi kembali kondusif. Tidak hanya kendaraan roda dua dan empat saja, tapi para penumpang bus antarkota dari Madura ke Surabaya juga tak luput dari pemeriksaan kelengkapan identitas dan surat keterangan swab test.

"Pihak kepolisian yang turut melakukan pemeriksaan mengapresiasi beberapa bus yang telah mewajibkan penumpangnya melakukan pemeriksaan swab test saat di kota keberangkatan, sehingga bisa langsung meneruskan perjalanan," tulis akun Dinkes Surabaya.

Adapun, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur mengalami kenaikan kasus cukup signifikan dalam beberapa pekan terakhir.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa kenaikan kasus di Bangkalan berasal dari klaster keluarga. Infeksi virus diduga berasal dari pemudik jelang hingga pascaIdulfitri

Sementara itu, Kadinkes Surabaya Febria turut mengingatkan masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan. "Semoga Surabaya dan Indonesia bisa mengakhiri pandemi Covid-19 dan kembali pulih seperti sedia kala. Amin," ujarnya.

Sumber : JIBI/Bisnis.com