Advertisement

Kabar Baik Dunia Kesehatan, Ada Obat Baru untuk Penyakit Alzheimer

Rezha Hadyan
Selasa, 08 Juni 2021 - 22:57 WIB
Bhekti Suryani
Kabar Baik Dunia Kesehatan, Ada Obat Baru untuk Penyakit Alzheimer Ilustrasi - meioambienterio.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration/FDA) untuk pertama kalinya dalam 18 tahun menyetujui obat untuk penyakit Alzheimer.

Melansir KBS World pada Selasa (8/6/2021), Kantor Berita Associated Press (AP) melaporkan bahwa FDA telah memberi pengakuan atas obat baru yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi AS, Biogen, bersama perusahaan farmasi Jepang, Eisai.

Advertisement

Sebelumnya, FDA pernah memberikan persetujuan untuk obat penyakit Alzheimer pada tahun 2003 lalu, namun obat itu hanya menangani rasa khwatir atau insomnia, sehingga persetujuan untuk obat yang menangani penyebab penyakit Alzheimer ini merupakan yang pertama kalinya.

Namun, obat baru itu tidak mampu menyembuhkan gejala penyakit Alzheimer, melainkan hanya menunda gejalanya. Penderita Alzheimer harus menerima suntikan obat Aduhel ini sekali dalam empat minggu.

AP melaporkan bahwa pengakuan obat baru tersebut oleh FDA ini kembali menimbulkan kontroversi terkait pengembangan obat baru untuk penyakit yang sulit diobati, mengingat terdapat peringatan dari para pakar terkait risiko obat baru yang efeknya belum dibuktikan.

Sebelumnya, dewan rekomendasi pakar dari luar FDA memutuskan untuk tidak merekomendasikan persetujuan atas obat baru Biogen tersebut pada bulan November tahun lalu.

Sementara itu, FDA meminta Biogen mengadakan penelitian lanjutan untuk membuktikan efek dari obat baru tersebut. Hal itu ditafsirkan obat baru ini akan dijual di pasaran apabila efeknya telah dapat dibuktikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement