China Laporkan Kasus Virus Flu Burung pada Manusia

Ilustrasi petugas kesehatan memeriksa kondisi unggas sebagai antisipasi penyebaran flu burung. - Antara/Reuters
02 Juni 2021 01:27 WIB Amanda Kusumawardhani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Komisi Kesehatan China mengumumkan bahwa seorang pria berusia 41 tahun di Provinsi Jiangsu dikonfirmasi sebagai kasus pertama infeksi virus flu burung (H10N3) kepada manusia.

Pria yang tinggal di Kota Zhenjiang ini telah dirawat di rumah sakit sejak 28 April 2021 setelah menderita demam dan gejala lainnya.

Berdasarkan pernyataan Komisi Kesehatan China, dikutip dari CNA, Selasa (1/6/2021), dia didiagnosa tertuar virus flu burung pada 28 Mei tanpa memberikan pernyataan detail bagaimana pria tersebut bisa tertular virus tersebut.

Hingga saat ini, kondisi kesehatan pria tersebut dilaporkan stabil dan segera pulang dari rumah sakit. Setelah dilakukan observasi mendalam, Komisi Kesehatan China tidak menemukan penularan pada orang-orang sekelilingnya.

Komisi Kesehatan China menyatakan H10N3 merupakan jenis virus dengan patogenik yang rendah atau relatif ringan. Virus yang menular melalui unggas ini memiliki risiko penyebaran dalam skala luas yang sangat rendah.

Setidaknya, hanya ada 160 kasus akibat virus yang dilaporkan dalam 40 tahun hingga 2018. Kebanyakan daerah tersebut berada di Asia dan sejumlah area di Amerika Utara.

Sumber : JIBI/Bisnis.com