Advertisement

Mendagri Minta Warga Kibarkan Merah Putih di Hari Lahir Pancasila

Newswire
Selasa, 01 Juni 2021 - 03:27 WIB
Sunartono
Mendagri Minta Warga Kibarkan Merah Putih di Hari Lahir Pancasila Warga memasang bendera Merah Putih di Poetoek Suko, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur, Minggu (16/8/2020). Pemasangan ribuan bendera Merah Putih di tempat wisata tersebut guna memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-75 RI. ANTARA FOTO - Zabur Karuru

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta seluruh masyarakat untuk mengibarkan Bendera Merah-Putih dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni.

Kapuspen Kemendagri Benni Irwan mengatakan hal itu merujuk pada Surat Edaran (SE) Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 04 Tahun 2021 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021.

Advertisement

Poin (d) SE tersebut menjelaskan seluruh perkantoran dan seluruh komponen masyarakat Indonesia mengibarkan Bendera Merah Putih selama 1 hari pada 1 Juni 2021.

BACA JUGA : Hari Lahir Pancasila: Kurang Afdal karena Keadilan Sosial 

“Swasta, perkantoran, semua masyarakat kami imbau untuk menaikkan Bendera Merah Putih satu tiang, sebagai wujud nasionalisme kita dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila,” kata Benni di Jakarta, Senin (31/5/2021).

Tak hanya itu, dia mengatakan dalam radiogram Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 019.1/3214/SJ, meminta kepala daerah mengajak semua lapisan masyarakat untuk mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan secara viritual.

Adapun, peringatan Hari Lahir Pancasila disiarkan langsung melalui kanal Youtube, laman, Instagram dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Peringatan juga disiarkan lewat siaran TVRI.

Masyarakat mengikuti peringatan dari kantor, ruang kerja, rumah, tempat tinggal masing-masing, tentunya dengan tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19.

BACA JUGA : Libur Hari Lahir Pancasila Berpotensi Menaikkan Kunjungan

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2021, dilaksanakan pada Selasa, 1 Juni 2021 pukul 07.45 WIB secara virtual kombinasi.

Adapun, peringatan Hari Lahir Pancasila terpusat di Gedung Pancasila, Jakarta. Tema Peringatan pada tahun ini adalah “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement