Advertisement

Kasus Covid Diprediksi Meningkat dalam Waktu Dekat

Aprianus Doni Tolok
Senin, 24 Mei 2021 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Kasus Covid Diprediksi Meningkat dalam Waktu Dekat Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono - Youtube Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono memprediksi kasus Covid-19 meningkat dalam waktu dekat.

Menurutnya, hal itu terjadi sebagai dampak mobilitas penduduk saat libur Lebaran 1442 Hijriah yang diperparah dengan adanya mutasi virus Covid-19.

Advertisement

“Kombinasi antara faktor eksternal berupa mobilisasi dan faktor endogen berupa mutasi dari virus menyebabkan kasus positif akan meningkat beberapa saat ke depan,” ujarnya dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin (25/5/2021).

Kementerian Kesehatan hingga saat ini telah mengidentifikasi 54 kasus positif yang disebabkan mutasi virus Covid-19 baik yang berasal dari India, Afrika, maupun Inggris.

Wamenkes mengatakan dari 54 kasus yang disebabkan oleh mutasi virus golongan variant of concern (VoC), 35 di antaranya adalah varian kasus yang berasal dari luar Indonesia dan 19 lainnya terjadi di dalam negeri.

“Jadi sudah ada kontak internal, penyebaran secara internal dari variant of concern tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, mobilitas penduduk pascalebaran juga terus terjadi hingga saat ini dan telah berdampak pada peningkatan jumlah kasus positif harian yang menembus angka 5.000 selama empat hari terakhir.

Guna meredamnya, Dante mengajak seluruh elemen bangsa tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk vaksinasi yang akan terus digalakkan pascalebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement