Ingin Mendaftar CPNS? Simak dulu Syarat Umumnya!

Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id
23 Mei 2021 05:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Bagi Anda yang sudah menantikan pembukaan pendaftaran CPNS 2021, ini saatnya. Pendaftaran secara resmi dibuka, dan setiap detail syarat, prosedur, dan jadwalnya sudah dapat Anda temukan di berbagai media. Kali ini, mari membahas beberapa syarat umum CPNS 2021 yang wajib Anda penuhi.

Tentu saja, pemenuhan syarat ini juga wajib dengan persiapan fisik, materi pembelajaran, serta mental, agar Anda bisa sukses mendapatkan formasi yang Anda inginkan.

Syarat Umum CPNS 2021

Setidaknya ada 10 syarat yang wajib Anda penuhi dalam melakukan pendaftaran CPNS 2021 ini, dilansir dari Suara.com--jaringan Harianjogja.com. Antara lain :

1. Setiap WNI bisa melakukan pendaftaran dengan batas usia 18 tahun, dan maksimal 35 tahun ketika melamar.
2. Jabatan CPNS yang dilamar dengan batas usia tertinggi adalah 40 tahun, ketika melamar, adalah sebagai berikut : dokter dan dokter gigi, dokter pendidik klinis, dan dosen, peneliti, dan perekayasa. Semuanya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
4. Tidak pernah diberhentikan : dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai PNS, dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai prajurit TNI, dengan hormat atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai anggota Kepolisian Negara RI, dan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
5. Tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, Prajurit TNI, atau anggota Kepolisian Negara RI.
6. Tidak menjadi anggota atau pengurus parpol, atau terlibat politik praktis.
7. Memiliki kualifikasi Pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
8. Sehat secara jasmani dan rohani, sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah terkait.
10. Hanya dapat mendaftar pada satu instansi dan satu formasi jabatan saja.

Sepertinya syarat umum CPNS 2021 yang diberikan oleh pemerintah sudah cukup gamblang dan jelas. Jika Anda masih memerlukan informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung mendatangi situs resmi instansi atau lembaga tempat Anda mendaftarkan formasi. Pastikan semua persyaratan umum di atas terpenuhi, dan semoga berhasil dalam seleksi CPNS 2021 ini!

Sumber : suara.com