BMKG Ingatkan Waspada Gempa di Pesisir Selatan

Bangunan Kantor Kecamatan Durenan rusak ringan dan sebagian genting melorot di Trenggalek, Sabtu (10/4/2021)./Antara - HO/Dok.pribadi
22 Mei 2021 05:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Pemerintah daerah (Pemda) di sepanjang pesisir selatan Jawa diimbau untuk mewaspadai aktivitas kegempaan yang mengalami peningkatan secara signifikan. Imbauan ini disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati melaporkan terjadi peningkatan signifikan atas kejadian gempa di pesisir selatan Jawa pada Mei 2021 setelah guncangan gempa yang terjadi pada bulan April lalu di selatan Jawa Timur.

"Ini harus dibuka, ini bukan data rahasia, dan kami mohon dengan informasi ini, terutama pemerintah daerah di wilayah sepanjang pesisir Jawa maupun provinsi yang memiliki pesisir selatan, perlu mewaspadai aktivitas kegempaan yang signifikan,” ujarnya dilansir dari Antara, Jumat (21/5/2021).

Baca juga: Begini Cara Menghitung Kebutuhan Protein untuk Tubuh

Dwikorita meminta agar Pemda segera memastikan konstruksi bangunan yang berada di pesisir selatan Jawa, terutama fasilitas publik, seperti gedung sekolah dan perkantoran apakah sudah sesuai dengan standar bangunan tahan gempa.

Langkah itu, lanjut dia, sebagai antisipasi peningkatan kejadian gempa bumi yang berdasarkan sejarah kegempaan di wilayah tersebut dapat melampau magnitudo 6 dan berpotensi tsunami.

Kedatangan gempa besar tersebut tidak bisa dipastikan kapan terjadinya. Namun, hal itu tidak perlu ditanggapi dengan kepanikan.

"Gempa ini merupakan alarm untuk kita segera menyiapkan aspek keselamatan bangunan dan evakuasi apabila skenario terburuk terjadi," ujarnya.

Sumber : Antara